Kompas.com - 19/11/2022, 13:01 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Pulau Bali adalah salah satu magnet wisata Indonesia yang menawarkan banyak destinasi. Bahkan, setiap sudut Pulau Dewata itu seolah memiliki pesona masing-masing. 

Nah, salah satu wilayah di Bali yang memiliki banyak obyek wisata adalah kawasan Bali selatan, yang sebagian besar masuk wilayah Kabupaten Badung. Kawasan ini, memiliki deretan pantai yang menawan hingga obyek wisata kelas dunia. 

Baca juga: Itinerary Wisata ala Delegasi KTT G20 di Bali, Bisa Kamu Coba

Pantai Sawangan Nusa Dua BaliKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Pantai Sawangan Nusa Dua Bali

Wisata di Bali selatan paling terkenal

Kompas.com telah merangkum wisata di Bali selatan yang paling terkenal hingga mancanegara. 

1. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau lebih dikenal dengan GWK merupakan salah satu ikon wisata Bali. Baru-baru ini, karya seni yang megah tersebut menjadi lokasi gala dinner KTT G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. 

Mengutip Kompas.com (26/3/2022), patung megah tersebut merupakan karya seniman Nyoman Nuarta. Patung GWK memiliki tinggi 121 meter, dengan lebar 46 meter. 

Dengan tinggi itu, GWK menjadi patung tertinggi ketiga di dunia. Lokasinya berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Baca juga: Lotus Pond, Landmark Terbesar GWK Pilihan Jokowi untuk Menjamu Delegasi KTT G20

Penampakan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dari udara usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Minggu (25/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Penampakan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dari udara usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Minggu (25/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.

2. Pantai Jimbaran 

Menjelajah pantai, tentunya tidak lengkap tanpa mencicipi aneka olahan seafood. 

Nah, jika ingin menikmati aneka seafood sambil menikmati panorama pantai, datanglah ke Pantai Jimbaran. 

Pantai yang berada dekat dengan Bandara Ngurah Rai ini, terkenal dengan kuliner laut yang lezat. Selain itu, Pantai Jimbaran merupakan spot surfing favorit karena ombaknya besar.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Dekat Lokasi KTT G20 Bali Selain Pantai

3. Pantai Kuta 

Siapa yang tidak kenal Pantai Kuta? Pantai di bagian selatan Pulau Bali ini sudah tersohor hingga mancanegara. 

Mengutip situs Badung Tourism, dulunya Kuta adalah desa nelayan yang sangat sepi. Namun, saat ini Kuta telah berubah menjadi kota kecil internasional yang dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur pendukung pariwisata. 

Pantai sepanjang 4 km ini, berpasir putih sehingga sangat disukai oleh wisatawan untuk berjemur, menikmati matahari terbenam, berenang, dan berselancar. 

Lokasi Pantai Kuta hanya berjarak 1,5 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

Baca juga: 5 Hotel Bintang 5 di Bali Dekat Pantai Kuta, Cocok untuk Staycation

Destinasi populer di Pantai Kuta sepi dikunjungi wisatawan dan ditutup karena virus Covid-19. 5 April 2020Shutterstock/Gekko Gallery Destinasi populer di Pantai Kuta sepi dikunjungi wisatawan dan ditutup karena virus Covid-19. 5 April 2020

4. Pantai Balangan

Jika ingin lepas dari keramaian Pantai Kuta, maka cobalah menuju ke arah Uluwatu. Para pelancong bisa mampir di Pantai Balangan yang cenderung lebih sepi. 

Mengutip Kompas.com (18/3/2016), lokasi pantai ini berada di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kabupaten Badung. 

Baca juga: 20 Destinasi Honeymoon di Dunia Terpopuler di TikTok, Ada Bali

Untuk menuju pantai pasir putih ini, wisatawan harus berjalan kaki menuruni tangga yang membelah tebing terlebih dahulu, sekitar 50-70 meter dari tempat parkir kendaraan. 

Selain bersantai, wisatawan juga bisa mencoba berselancar. Ombak laut di Pantai Balangan ini kerap dijajal oleh peselancar, terutama turis asing.  

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.