Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 18:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Saung Angklung Udjo (SAU) mewakili Asia Tenggara dengan tampil di kompleks kebudayaan Katara, tepatnya di Al-Ibdaa Courtyard di Doha, Qatar, pada Jumat (18/11/2022)-Senin (28/11/2022).

Acara ini turut memeriahkan Piala Dunia 2022 yang juga digelar di Qatar hingga Desember 2022.

Baca juga:

"Kita terpilih dari Katara atau dari Pemerintah Qatar untuk menampilkan seni budaya negara, salah satunya Indonesia," ujar Direktur Utama Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Taufik melanjutkan, umumnya negara-negara yang tampil di Katara adalah negara-negara yang tim sepak bolanya berlaga di Piala Dunia 2022. 

"Hanya kita dari Asia Tenggara yang terpilih dengan budaya angklung, dan ada batik," tuturnya.

Membawakan lagu-lagu Arab dan Indonesia

Saung Angklung Udjo tampil di Katara Cultural Village Foundation di Al-Ibdaa Courtyard, Qatar, pada Jumat (18/11/2022)-Senin (28/11/2022).Dok. Saung Angklung Udjo Saung Angklung Udjo tampil di Katara Cultural Village Foundation di Al-Ibdaa Courtyard, Qatar, pada Jumat (18/11/2022)-Senin (28/11/2022).

Setelah melewati proses persiapan yang berlangsung sekitar tiga bulan, sebanyak 12 orang dari Saung Angklung Udjo berangkat ke Qatar.

Tak lupa mereka membawa alat musik sendiri, mulai dari arumba ditambah kendangnya hingga angklung, termasuk angklung interaktif yang bisa dimainkan oleh penonton nantinya.

Taufik mengatakan bahwa pihaknya membawakan lagu-lagu Arab, internasional, dan Indonesia selama 1,5 jam. Mereka juga menampilkan lagu tema Piala Dunia 2022, "Hayya hayya".

Baca juga:

"Kita alhamdulillah cukup terbiasa mengadaptasi (pertunjukan) yang tematik," ujarnya.

Selain iringan alat musik, penampilan Saung Angklung Udjo di Qatar pun semakin meriah dengan hadirnya tari-tarian dan nyanyian. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com