Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 14:19 WIB

KOMPAS.com - Pulau Banda Neira atau Banda Naira berada di Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Pulau berpenghuni ini memiliki daya tarik alam dan sejarah.

Adapun Kepulauan Banda terdiri dari 11 pulau dengan tiga di antaranya tidak berpenghuni. Tiap-tiap pulau sepenuhnya dikelilingi oleh selat, teluk, dan laut terbuka.

Baca juga:

Selain Banda Neira, beberapa pulau yang berpenghuni lainnya, antara lain Pulau Lontar (Banda Besar), Pulau Gunung Api, Pulau Rhun, dan Pulau Rhun. Sedangkan yang tidak berpenghuni salah satunya Pulau Nailaka. 

 

Banda Neira menjadi pusat administrasi Kecamatan Banda, dengan obyek wisata cukup lengkap. Mulai dari Gunung Api, bangunan peninggalan kolonial, pantai, hingga spot menyelam.

Baca juga: 3 Pulau di Banda Maluku yang Cocok untuk Island Hopping Seharian

Lantas, berapa biaya yang perlu disiapkan untuk liburan ke Banda Neira? Berikut Kompas.com rangkum informasinya, setelah berkunjung pada akhir Oktober 2022. 

1. Transportasi menuju Banda Neira

Kapal Pelni NGGAPULU yang berangkat dari Pelabuhan Banda Neira menuju Pelabuhan Kota Ambon. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kapal Pelni NGGAPULU yang berangkat dari Pelabuhan Banda Neira menuju Pelabuhan Kota Ambon.

Secara umum, biaya transportasi menuju Banda Neira bisa dikatakan menjadi faktor pengeluaran terbesar lantaran perjalanan menuju Banda Neira cukup jauh.

Jika berangkat dari luar Maluku, wisatawan harus menaiki pesawat untuk tiba di Bandara Internasional Pattimura di Ambon.

Baca juga: Pengalaman Naik Kapal Bahtera Nusantara 02 dari Ambon ke Banda Neira

Diasumsikan perjalanan dari Jakarta menuju Ambon, ibu kota Provinsi Maluku, dengan biaya pesawat termurah mulai Rp 2 jutaan untuk satu kali jalan.

Berdurasi terbang sekitar 3 jam 40 menit, beberapa maskapai yang melayani rute ini, antara lain Citilink, Lion Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia.

Setibanya di Ambon, kamu harus melanjutkan perjalanan untuk ke Banda Neira dengan beberapa opsi transportasi.

Pertama, naik kapal feri Bahtera Nusantara 02 dengan biaya Rp 145.000-Rp 745.000-an sesuai jenis kursi. Biaya tersebut tidak termasuk makan, sehingga untuk 10 jam perjalanan laut, kamu bisa membawa bekal atau membeli makan di atas kapal.

Baca juga: Liburan ke Banda Neira, Simak Panduan Lengkap Transportasinya

Opsi lain, naik kapal besar dari Pelni (PT Pelayaran Nasional Indonesia), yang berdurasi 8-15 jam perjalanan tergantung jenis kapal. Harga tiketnya mulai Rp 110.000 per orang, dengan tambahan mulai Rp 150.000 untuk upgrade fasilitas seperti sewa bantal dan makan.

Terakhir, ada pesawat perintis yang hanya berkapasitas 12 orang sekali jalan. Tiketnya mulai Rp 350.000 per orang, dengan durasi 45 menit. Namun, ketersediaan tiket dan bagasinya terbatas, di atas 10 kilogram bisa kena biaya tambahan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+