Kompas.com - 18/11/2022, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 menargetkan 8,2 juta kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sumatera Barat (Sumbar), salah satunya melalui sejumlah acara dan paket wisata.

"Kami sudah siapkan sejumlah strategi untuk bisa mencapai target 8,2 juta kunjungan wisatawan pada 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Luhur Budianda, dikutip dari Antara, Kamis (17/11/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan buku digital pariwisata dan 11 ahli di bidang pariwisata untuk menjadi Tim Kerja VBWS 2023.

Pihaknya juga meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk menyiapkan tiga event (perhelatan) pada 2023 untuk penyusunan kalender event. Saat ini sudah ada 53 event yang didaftarkan dari 77 event.

Baca juga: Keindahan Bawah Laut Perairan Mandeh di Sumatera Barat

"Kami juga minta dukungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sumbar dalam konsep wisata meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE)," ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya bekerja sama dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) terkait paket wisata hemat dan murah. Terdapat pula paket-paket wisata dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Baca juga: Pengalaman Jelajahi Air Terjun Proklamator, Wisata Alam Sumatera Barat

"Bulan November ini paket-paket wisata ini mulai dijual untuk dilaksanakan tahun 2023," tuturnya. 

Target yang sama dengan jumlah kunjungan sebelum pandemi Covid-19

Sebagai informasi, target 8,2 juta kunjungan wisatawan sama dengan jumlah kunjungan wisatawan sebelum pandemi Covid-19 melanda atau pada tahun 2019.

Menurut data dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat pada tahun 2020, jumlah kunjungan wisatawan menurun menjadi 8,02 juta kunjungan. Namun, angka tersebut kemudian terjun menjadi 4,9 juta kunjungan pada tahun 2021.

Baca juga: Nagari Pariangan, Desa dengan Masjid Tua yang Unik di Sumatera Barat

Sementara itu, hingga Oktober 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi tersebut tercatat mencapai 5,2 juta kunjungan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.