Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 17:14 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Desa-desa wisata di Flores, Nusa Tenggara Timur terus menggenjot kunjungan wisatanya.

Tidak hanya mengenalkan potensi wisata alam, andalan lainnya dari pariwisata desa ini adalah kopi khas Manggarai Timur sebagai salah satu produk lokal.

Baca juga: 15 Wisata Air Terjun di NTT, Masih Asri untuk Dijelajahi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur terus mendorong kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Wisata untuk memasarkan produk-produk lokal, seperti minuman kopi khas Manggarai Timur.

Salah satu dari banyak kedai kopi yang sedang dikembangkan adalah Kedai Kopi Simponi di Desa Wisata Golo Loni.

 

Turis mancanegara sedang minum kopi khas Manggarai Timur di Kedai KOPI SIMPONI Desa Wisata Golo Loni, Senin, (29/11/2022). (DOK/POKDARWIS DESA WISATA GOLO LONI MATIM)DOK/POKDARWIS DESA WISATA GOLO LONI Turis mancanegara sedang minum kopi khas Manggarai Timur di Kedai KOPI SIMPONI Desa Wisata Golo Loni, Senin, (29/11/2022). (DOK/POKDARWIS DESA WISATA GOLO LONI MATIM)

Desa Wisata Golo Loni berkolaborasi dengan Desa Wisata Colol untuk menyuplai kopi biji dan kopi kemasan untuk dipasarkan di kedai tersebut.

Turis mancanegara sangat menikmati minuman kopi khas Manggarai Timur.

"Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni berkolaborasi dengan Desa Wisata Colol untuk memasarkan minuman kopi khas Manggarai Timur kepada tamu yang berkunjung di kedai Kopi Simponi di Desa Wisata Golo Loni."

"Ini konsep baru dengan berkolaborasi untuk memasarkan minuman khas Manggarai Timur," kata Kepala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes Berchmans Okalung saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/11/2022).

Baca juga: 14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung

Secara terpisah, Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Albertus Jehamin menjelaskan, "Simponi" merupakan singkatan dari Sentra Informasi Pariwisata Golo Loni.

 

Kedai kopi Simponi kini telah dibangun di area desa wisata Golo Loni yang terletak di pinggir Jalan Trans Flores Borong-Ruteng dan sebaliknya.

Meski dimiliki oleh perorangan yaitu anggota pokdarwis, tetapi terwujudnya kedai tersebut tetap merupakan kolaborasi bersama pemerintah desa.

Baca juga: 12 Desa Wisata Manggarai Timur NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budaya

Kedai yang buka pukul 07.00 hingga 21.00 itu menjadi pusat informasi pariwisata Golo Loni.

"Khusus kopi didatangkan dari Desa wisata Colol. Hal ini merupakan bentuk kerjasama dan kolaborasi antar-desa wisata di Manggarai Timur dalam memasarkan produk unggulan desa," jelasnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+