Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 17:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Kurang dari sebulan, kita akan meninggalkan tahun 2022 dan memasuki tahun 2023.

Momentum pergantian tahun ini biasanya dirayakan oleh masyarakat, termasuk DKI Jakarta. Ada banyak ide kegiatan untuk merayakan tahun baru, termasuk berlibur ke obyek wisata.

Baca juga: Serba-serbi Jelang Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Jemaat Bisa Parkir di Masjid Istiqlal

Terlebih, tanggal 1 Januari 2023 ditetapkan sebagai hari libur nasional, meskipun jatuh pada hari Minggu. Jika kamu berada di ibu kota, ada sejumlah tempat wisata untuk merayakan tahun baru 2023.

Baca juga: 5 Tempat Nobar Piala Dunia 2022 di Jakarta, Ada yang Suasananya Mirip Qatar

Tempat wisata tahun baru di Jakarta

Berikut sejumlah tempat wisata untuk merayakan tahun baru 2023 di DKI Jakarta seperti dirangkum Kompas.com.

1. Halte Transjakarta Bundaran HI  

Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022). Dok. Ngabila Salama Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022).

Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) merupakan salah satu ikon ibu kota. Kini, kawasan ikonik tersebut semakin cantik usai renovasi Halte Transjakarta.

Mengutip Kompas.com (18/10/2022), halte yang berada di Jalan MH Thamrin tersebut kini memiliki sejumlah spot foto menarik.

Bangunan halte terdiri dari dua lantai. Pada lantai dua, terdapat anjungan atau sky deck. Sementara lantai pertama tetap berfungsi sebagai ruang penumpang Transjakarta.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Monumen Selamat Datang yang berada di tengah Bundaran HI.

Baca juga: 7 Hotel Murah Dekat Bundaran HI untuk Tahun Baruan, Cuma Rp 100.000-an

2. Sarinah 

Setelah puas berfoto di Halte Transjakarta Bundaran HI, kamu bisa bergeser ke Sarinah. Serupa, pusat perbelanjaan ini juga baru selesai direnovasi.

Usai bersolek, Sarinah memiliki banyak spot foto instragramable antara lain amphitheater, skydeck, museum, dan galeri foto. Pengunjung juga bisa melihat relief peninggalan era Presiden Soekarno.

Sebelumnya, relief yang berusia 50 tahun lebih tersebut tersembunyi di ruang mesin atau ruang AHU di belakang gerai makanan cepat saji.

Pengunjung Sarinah juga bisa berbelanja aneka produk UMKM lokal.

Baca juga: Lihat Mobil Kepresidenan Sejak Era Soekarno Bisa Mampir ke Sarinah

3. Kawasan Kota Tua

Warga melintas di samping Stasiun Jakarta Kota, Jumat (26/08/2022). Area yang dulunya bekas Halte TransJakarta Kota dan jalan kendaraan kini menjadi ruang terbuka yang lebih nyaman bagi pejalan kaki. Namun area ini masih dalam pengerjaan.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Warga melintas di samping Stasiun Jakarta Kota, Jumat (26/08/2022). Area yang dulunya bekas Halte TransJakarta Kota dan jalan kendaraan kini menjadi ruang terbuka yang lebih nyaman bagi pejalan kaki. Namun area ini masih dalam pengerjaan.

Tak mau ketinggalan, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat juga baru selesai direvitalisasi. Jika kamu penasaran dengan muka baru kawasan Kota Tua, maka bisa mengunjungi saat libur tahun baru 2023.

Mengutip Kompas.com (27/8/2022), usai revitalisasi masyarakat bisa menikmati area pejalan kaki yang lebih luas dan transportasi publik lebih terintegrasi.

Beberapa ruas jalan diubah menjadi bebas motor sehingga ramah bagi pejalan kaki. Sepanjang jalan  juga terlihat beberapa tempat duduk untuk warga beristirahat.

Baca juga: 6 Museum di Kota Tua Jakarta dan Harga Tiket Masuk

4. Kawasan Sudirman 

Kawasan Sudirman sempat viral karena fenomena Citayam Fashion Week. Meskipun gaung Citayam Fashion Week mulai redup, tapi masyarakat masih bisa menghabiskan hari libur di kawasan Sudirman.

Sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan Sudirman antara lain berfoto di spot instagramable seperti Terowongan Kendal.

Pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner atau nongkrong Riverside Walk di sekitar Stasiun BNI City atau Taman Dukuh Atas.

5. JPO Phinisi Karet 

Hujan yang mengguyur kawasan Sudirman, Jakarta, tak mengurungkan tekat para pemburu foto di Jembatan Penyeberangan Phinisi Karet Sudirman pada Sabtu (12/3/2022) siang. Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Hujan yang mengguyur kawasan Sudirman, Jakarta, tak mengurungkan tekat para pemburu foto di Jembatan Penyeberangan Phinisi Karet Sudirman pada Sabtu (12/3/2022) siang.

Usai diresmikan pada Kamis (10/3/2022) lalu, jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman ramai dikunjungi warga. 

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin berfoto di JPO yang menyerupai desain kapal pinisi tersebut. 

Mengutip Kompas.com, (12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS). JPO Phinisi mengusung konsep modern, dilengkapi dengan anjungan yang menyerupai kapal pinisi.

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik, karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan melengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung disediakan bagi para pesepeda.

Jika kamu belum sempat berfoto di JPO instagramable ini, maka cobalah berkunjung saat libur tahun baru.

Baca juga: 4 Tips Penting Berfoto di JPO Phinisi Sudirman, Hati-hati Melangkah!

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+