Kompas.com - 14/08/2022, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Jelang Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI), masyarakat bisa datang melihat mobil-mobil kepresidenan yang pernah digunakan oleh Presiden RI sejak era Soekarno, hingga yang terbaru masih digunakan oleh Presiden Joko Widodo.

Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI digelar oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat sejak 13 Agustus 2022 hingga 22 Agustus 2022.

Baca juga: 7 Wisata Sejarah Kemerdekaan RI, Pas Dikunjungi Saat 17 Agustus 

"Ini adalah rangkaian (kegiatan) selama bulan kemerdekaan,” ucap Menteri Sekretaris Negara, Pratikno saat membuka Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Pameran bertajuk "Indonesia Merdeka" ini gratis untuk umum dan bisa dikunjungi sesuai jam operasional Sarinah, yakni mulai pukul 08.00 WIB-20.00 WIB.

Baca juga:

Pengunjung berfoto dengan salah satu mobil kepresidenan yang dipamerkan pada Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). Pameran tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym.ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO Pengunjung berfoto dengan salah satu mobil kepresidenan yang dipamerkan pada Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). Pameran tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym.

Adapun area untuk pameran mobil kepresidenan berada di parkir lobi selatan Gedung Sarinah.

"Jadi mobil-mobil tersebut adalah mobil yang dipakai oleh tujuh Presiden Indonesia sesuai masanya," tutur Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan, Sinta Puspitasari saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: 30 Ucapan HUT Ke-77 RI, Cocok untuk Dibagikan ke Media Sosial 

Pameran arsip negara

Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat mulai 13-22 Agustus 2022.dokumentasi Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat mulai 13-22 Agustus 2022.

Sedangkan untuk pameran arsip, terdiri atas 44 berkas arsip tekstual, 104 arsip foto, 4 arsip video, dan 2 arsip audio.

Koleksi arsip tersebut menampilkan kisah perjalanan para Kepala Negara dalam menjawab tantangan yang harus dihadapi Indonesia bahkan dunia.

Baca juga: 11 Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus dari Berbagai Daerah di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.