Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 09:29 WIB
Mutiara Godelava Elbertha Hasian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Berkelana dengan orang asing ternyata memiliki kesan tersendiri.

Selain memiliki teman dalam perjalanan, kita bisa bertukar pikiran dengan orang dari latar belakang budaya berbeda, dan mendapatkan sudut pandang baru.

Baca juga: HUT Ke-77 RI, TikTok Ajak 4 Kreator Promosi Wisata Indonesia Selama 77 Jam

Hal ini salah satunya dirasakan oleh Firly Adhyatma Rusli (26), seorang influencer yang giat mempromosikan aktivitas solo traveling.

"Aku saat ini sedang fokus merintis karier sebagai travel influencer di media sosial, jadi aku kerap membagikan pengalaman serta tips-tips traveling," kata Firly saat ditemui di sela-sela acara Jelajah #SerunyaIndonesia Trip bersama TikTok, di Medan, Rabu (10/08/2022).

Awalnya, Firly lebih sering berpetualang seorang diri, namun lambat laun dia mulai kesepian. Hal itu menjadi awal mula ia kerap menyapa stranger alias orang asing selama perjalanan.

"Mungkin saya kelamaan solo traveling. Jadi, struggling-nya adalah kesepian. Makanya setiap kali trip, saya interested (tertarik) banget dengan stranger. Jika saya butuh teman, saya pasti akan menyapa (stranger)," kata Firly.

Baca juga: Jangan Lakukan 8 Hal Ini Saat Solo Traveling

Berangkat dari pengalaman itu, pria kelahiran 1996 ini menggagas konsep Traveling with Strangers (TWS). Gagasan ini kemudian menjadi salah satu konten yang ia “jual” di akun media sosialnya.

Konsep Travling with Stranger kemudian semakin luas setelah warganet bolak-balik menyatakan keinginannya untuk pergi traveling bersama Firly.

Firly (kanan bawah) berpose bersama teman-teman perjalanan Travel with StrangersDOK. PRIBADI/FIRLY ADHYATMA RUSLI Firly (kanan bawah) berpose bersama teman-teman perjalanan Travel with Strangers

Namun, perlu dicatat, konsep TWS bukanlah seperti open trip seperti yang biasa dilakukan oleh agen travel yang memiliki jadwal keberangkatan, kegiatan selama di destinasi wisata, sampai jadwal kepulangan.

Baca juga: 10 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

"Aku cuma orang biasa yang tiba-tiba dapat banyak komen ingin ikutan traveling. Kemudian, saya mikir, ya sudah ketemuan saja di destinasi itu, tidak usah repot-repot, selesai," jelas Firly.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

TWS kini menarik perhatian warganet. Akun sosial medianya sudah punya ribuan pengikut yang siap "berperang" untuk berebut jadwal keberangkatan bersama Firly dan orang-orang asing lainnya.

Baca juga: 7 Benda yang Harus Dibawa Saat Traveling pada Musim Hujan

Kegiatan yang diadakan satu bulan sekali ini sudah dilaksanakan sebanyak 16 kali dengan tujuan destinasi yang begitu beragam.

"Pada trip di batch ke-16, TWS mengukir kenangan di daerah Bangka Belitung dengan belasan peserta," ujar Firly.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com