Kompas.com - 27/02/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Periode Januari hingga Maret biasanya merupakan puncak musim hujan di Indonesia. Tak heran, hampir setiap hari turun hujan di berbagai wilayah Indonesia.

Akibat kondisi cuaca itu, sejumlah masyarakat memilih untuk berdiam diri di rumah saat menghabiskan waktu libur. Akan tetapi, sebagian orang tetap melakukan travelling, meskipun di tengah musim hujan.

Bagi kamu yang akan berlibur saat musim hujan, sebaiknya membawa sejumlah perlengkapan saat traveling guna mengantisipasi perubahan cuaca.

Baca juga: 10 Tips Hemat Saat Traveling Bareng Grup, Anti-boros

Kompas.com telah merangkum 7 benda yang harus dibawa saat travelling pada musim hujan berikut ini:

1. Payung

Payung merupakan benda wajib yang harus dibawa saat travelling pada musim hujan. Untuk menghemat tempat, kamu bisa memilih payung lipat.

Letakkan payung di tempat yang mudah dijangkau, seperti saku samping tas. Jadi, ketika turun hujan secara tiba-tiba, kamu tidak perlu repot membongkar barang bawaan untuk mencari payung.

Baca juga: 10 Tips Menambah Teman Baru Saat Wisata

Pastikan, kamu tidak meninggalkan payung di sembarang tempat usai dipakai. Sebab, kejadian payung ketinggalan saat travelling kerap terjadi sehingga wisatawan keteteran ketika turun hujan lagi.

2. Jas hujan

Barang wajib selanjutnya yang harus dibawa saat travelling di musim hujan adalah jas hujan. Sebab meskipun sudah menggunakan payung, terkadang air hujan masih menerpa badan dan barang bawaan kita. Apalagi jika hujan turun disertai angin.

Ilustrasi jas hujan. UNSPLASH/WILLIAMS BASILIO Ilustrasi jas hujan.

Jadi, jas hujan bisa memberikan perlindungan ganda bersama payung saat turun hujan di tengah perjalanan. Utamanya, jika rute travelling mengharuskan kamu menaiki kendaraan roda dua.

Bawa pula jas hujanmu di dalam tas, sehingga saat berjalan kaki menuju atau dari suatu titik, kamu tetap akan terlindungi dari hujan.

Baca juga: 6 Tips Terhindar dari Penipuan Agen Perjalanan, Cek Website Resmi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.