Kompas.com - 27/02/2022, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Non Fungible Token (NFT) mulai dikenal masyarakat Indonesia sebagai aset dan instrumen investasi digital. Salah satu cara mengakses NFT adalah melalui marketplace tempat perdagangan NFT secara online, yakni OpenSea.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (15/1/2022), OpenSea merupakan tempat untuk menawarkan, mencari, dan menjual koleksi NFT secara global. Berbagai macam karya NFT dapat ditemukan di OpenSea, mulai dari seni, musik, permainan, dan lainnya.

Namun demikian, ternyata karya NFT dapat dipamerkan secara langsung dalam sebuah galeri. Galeri NFT pertama di Indonesia berada di Bali, yakni Superlative Secret Society (SSS).

CEO & Founder Superlative Secret Society Prasetyo Budiman mengatakan ide awal pendirian galeri NFT ini adalah untuk mewadahi seniman (artist) NFT. Pada tataran global saja, galeri NFT ini masih terbilang minim, yakni kurang lebih hanya 13 galeri.

 

“Saya melihat artist NFT ini banyak banget dan karyanya bagus sekali. Sementara, mereka enggak ada wadah untuk memamerkan itu (karya NFT). Di satu sisi, conventional art itu kurasinya sangat amat ketat,” kata dia kepada Kompas.com melalui sambungan telepon (26/2/2022).

Baca juga:

Jika galeri pameran biasanya menampilkan karya seni di dalam sebuah frame, maka galeri NFT ini menggunakan layar LCD sebagai komponen utama. Selanjutnya, karya NFT dari para seniman dipajang melalui layar LCD tersebut.

Prasetyo menuturkan Superlative Secret Society telah dibuka sejak 11 Januari 2022. Koleksi pertama berjudul Superlative Secret Society menampilkan 11.110 karya NFT. Sementara, koleksi kedua bertajuk Repus menampilkan 5.000 koleksi NFT.

Sejak awal pembukaan, ia menuturkan galeri NFT ini sudah dikunjungi sekitar ribuan orang. Pengunjung yang datang tidak dipengut biaya alias gratis.

Untuk saat ini, lanjutnya, Superlative Secret Society baru menampilkan koleksi para seniman NFT. Targetnya, mulai Maret 2022 mendatang, pengunjung bisa langsung membeli karya NFT tersebut dengan memindai barcode, yang terhubung ke OpenSea.

“Jadi, pameran ini memang untuk menjadi awareness (kesadaran) masyarakat. Jadi, starting kick off sarana jual beli di bulan depan,” terangnya.

Galeri NFT Superlative Secret Society (SSS) di Bali, merupakan galeri NFT pertama di Indonesia Dok. Superlative Secret Society (SSS) Galeri NFT Superlative Secret Society (SSS) di Bali, merupakan galeri NFT pertama di Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.