Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintar Asia Beach, Pantai Pasir Putih di Sikka dengan Ratusan Pohon Kelapa

Kompas.com - 26/02/2022, 21:08 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MAUMERE, KOMPAS.com - Salah satu rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), adalah Pantai Pintar Asia Beach.

Pantai ini berada di Nubat, Kelurahan Hewuli, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka. Dari Kota Maumere, waktu tempuhnya sekitar 15 menit menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bisa juga dengan bersepeda.

Pada awalnya, lokasi ini ditumbuhi semak belukar dan pohon kelapa. Namun, akhir-akhir ini mulai dilirik dan dikembangkan sebagai tempat wisata.

Bahkan, tempat wisata yang berada di sebelah utara Kota Maumere ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Sikka selain, di antaranya, Pantai Koka.

Wisata Pintar Asia Beach merupakan unit usaha sektor pariwisata yang dikembangkan KSP Kopdit Pintu Air, salah satu koperasi terbesar di Maumere.

Baca juga:

 

Sejak dibuka pada 31 Oktober 2021 lalu, pengunjung tidak pernah sepi. Tidak hanya hanya wisatawan lokal, tetapi juga Nusantara dan bahkan mancanegara.

"Biasanya yang paling ramai menjelang akhir pekan," ujar Manager Pintar Asia Beach, Stefanus Wona, kepada Kompas.com, Sabtu (26/2/2022) di Maumere.

Stefanus menjelaskan, Pintar Asia Beach dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti gazebo, dan tenda-tenda kecil yang berjejer di sepanjang tepi pantai.

"Kami juga menyiapkan minuman dan makanan lokal khas Maumere dengan harga yang terjangkau," ujarnya.

Nyiur melambai

Panjang garis Pantai Pintar Asia Beach mencapai 500 meter, dengan karakteristik ombak yang tenang.

Sebelum tiba di bibir pantai, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama ratusan pohon kelapa yang tertata rapi, seolah menyambut para pengunjung. 

Hamparan pasir putih dan riak ombak bisa membuat betah pengunjung yang datang.

Baca juga:

"Air laut juga sangat bersih. Ini seperti 'sihir' yang menarik orang berkunjung ke tempat ini," ujar Mariano (30), salah seorang wisatawan, Sabtu sore.

Menurutnya, Pintar Asia Beach merupakan spot wisata yang komplit. Selain wisata bahari, ada juga ekowisata dan agrowisata.

"Konsep perpaduan ini yang membuat wisata Pintar Asia Beach benar-benar luar biasa. Kita berharap pantai ini tetap terjaga, sehingga ke depan menjadi spot wisata yang mendunia," tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com