Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 23:44 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat merupakan salah satu tempat rekreasi ikonis Ibu Kota. Wisatawan bisa mengunjungi beragam museum di kawasan tersebut. 

Saat ini, kawasan tersebut telah direvitalisasi sehingga semakin menarik untuk dikunjungi. Usai revitalisasi, kawasan Kota Tua kian ramah bagi pejalan kaki serta pengguna transportasi publik. 

Berikut enam museum di Kota Tua yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti dihimpun Kompas.com.

Baca juga: 3 Tempat Makan Murah Meriah di Kota Tua Jakarta, Mulai Rp 10.000

Revitalisasi Kawasan Wisata Kota Tua mencakup pelebaran jalur pejalan kaki, pembuatan jalur hijau pesepeda, hingga guiding block berwarna kuning. Revitalisasi mulai terlihat hampir rampung pada Senin (22/08/2022).Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Revitalisasi Kawasan Wisata Kota Tua mencakup pelebaran jalur pejalan kaki, pembuatan jalur hijau pesepeda, hingga guiding block berwarna kuning. Revitalisasi mulai terlihat hampir rampung pada Senin (22/08/2022).

1. Museum Fatahillah 

Museum Fatahillah merupakan ikon wisata Kota Tua yang sudah familiar di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di tengah kawasan Kota Tua, tepatnya di depan lapangan. 

Nama resmi Museum Fatahillah adalah Museum Sejarah Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, (15/6/2021). Museum ini menyuguhkan berbagai hal mengenai sejarah perkembangan DKI Jakarta. 

Museum Fatahillah dulunya merupakan gedung Balaikota Batavia.  Bangunan ini didirikan pada 1707 sampai dengan 1712 atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn. 

Baca juga: Itinerary Seharian di Kota Tua Jakarta, dari Sunda Kelapa ke Museum Fatahillah

Suasana Wisata Kota Tua Jakarta (Depan Museum Fatahillah) saat H+4 Lebaran pada Jumat (6/5/2022)Libur Lebaran Wisata Kota Tua Jakarta Suasana Wisata Kota Tua Jakarta (Depan Museum Fatahillah) saat H+4 Lebaran pada Jumat (6/5/2022)

Pengunjung dapat ditemui berbagai bukti sejarah DKI Jakarta di dalam area museum. Meliputi, replika peninggalan masa Tarumanega dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di DKI Jakarta, mebel antik, gerabah, batu prasasti, dan lainnya.

Berdasarkan informasi dari laman Instagram Museum Kesejarahan Jakarta, harga tiket masuk Museum Fatahillah sebesar Rp 5.000 untuk dewasa. Sedangkan, harga tiket masuk anak-anak sebesar Rp 2.000 dan wisatawan yang menunjukkan kartu mahasiswa sebesar Rp 3.000.  

Baca juga: Ke Kota Tua Naik Transjakarta, Cuma Bayar Rp 3.500

2. Museum Bank Indonesia 

Jika kamu ingin mengetahui sejarah uang Rupiah, maka berkunjunglah ke Museum Bank Indonesia. 

Melansir situs resminya, bangunan Museum Bank Indonesia dulunya digunakan oleh De Javasche Bank yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya.  

Museum Bank Indonesia pertama kali dibuka untuk umum pada 15 Desember 2006 oleh Gubernur Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah. Saat ini, Museum Bank Indonesia telah selesai direnovasi. 

Baca juga: Cara Pesan Tiket Museum Bank Indonesia yang Baru Buka, Pelajar Gratis

Halaman Depan Museum Bank IndonesiaMuseum Bank Indonesia Halaman Depan Museum Bank Indonesia

Beberapa koleksi di Museum Bank Indonesia antara lain, koleksi uang kerajaan di Nusantara, perkembangan uang dari masa kolonial hingga sekarang, miniatur Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), atau kongsi dagang milik Belanda, transformasi logo Bank Indonesia, dan sebagainya. 

Mengutip Kompas.com (4/7/2022), pengunjung harus melakukan registrasi terlebih dulu melalui akun WhatsApp Museum BI di nomor 081291573940. 

Sebab, kunjungan ke Museum Bank Indonesia dibagi dalam empat sesi, dengan kuota dibatasi sebanyak 50 orang pada setiap sesi. 

Baca juga: Museum Bank Indonesia Buka 7 Juli, Catat HTM dan Ketentuan Masuk

3. Museum Bank Mandiri

Tepat di sebelah Museum Bank Indonesia, pengunjung dapat menemukan Museum Bank Mandiri. 

Mengutip dari laman Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, bangunan Museum Bank Mandiri dulunya milik perusahaan swasta Belanda yakni Factorij Batavia. Gedung Museum Bank Mandiri didirikan pada 1929.

Ada berbagai macam koleksi di Museum Bank Mandiri yang terkait dengan aktivitas perbankan tempo dulu dan perkembangannya. 

Baca juga: 7 Kafe di Kota Tua Jakarta, buat Pilihan Nongkrong

Warga beraktivitas di depan Museum Mandiri dan Museum Bank Indonesia di Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (26/08/2022). Sebagai bagian dari revitalisasi kawasan Kota Tua, para pedagang kaki lima yang biasa memadati kawasan ini turut dipindahkan.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Warga beraktivitas di depan Museum Mandiri dan Museum Bank Indonesia di Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat (26/08/2022). Sebagai bagian dari revitalisasi kawasan Kota Tua, para pedagang kaki lima yang biasa memadati kawasan ini turut dipindahkan.

Mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brankas, dan lain-lain. Gedung museum masih mempertahankan bentuk aslinya yang identik dengan zaman kolonial Belanda. 

Harga tiket masuk Museum Bank Mandiri adalah Rp5.000 untuk umum. Sedangkan, pelajar dan mahasiswa tidak dikenai biaya dengan menunjukkan kartu pelajar. Anak di bawah usia tiga tahun juga gratis masuk museum. 

Baca juga: 6 Aktivitas Akhir Pekan di Kota Tua Jakarta, Bersepeda hingga Foto

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+