Cara Pesan Tiket Museum Bank Indonesia yang Baru Buka, Pelajar Gratis

Kompas.com - 07/07/2022, 18:40 WIB

KOMPAS.com - Setelah ditutup sekitar dua tahun karena pandemi Covid-19, Museum Bank Indonesia atau MuBI telah dibuka kembali untuk umum mulai hari ini, Kamis (07/07/2022).

Museum Bank Indonesia sendiri berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3, Taman Sari, Jakarta Barat, satu lokasi dengan kawasan wisata Kota Tua.

Baca juga: Museum Bank Indonesia Buka 7 Juli, Catat HTM dan Ketentuan Masuk

Kehadiran museum tersebut disebut turut menegakkan salah satu pilar Bank Indonesia, yakni pengelolaan literasi.

"Besar harapan kami, Museum BI dapat terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, menajdi sarana edukasi publik terkait sejarah bank kesentralan Indonesia, tentunya ditata oleh teknologi terkini, serta berkontribusi menjadi wadah yang bisa memfasilitasi berbagai kepentingan stakeholders untuk saling bersinergi," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono dalam peresmian yang disaksikan Kompas.com secara virtual, Rabu (06/07/2022).

Sebelum datang, pengunjung harus memesan tiket dan registrasi secara online terlebih dahulu. Berikut informasi selengkapnya. 

Hari dan waktu kunjungan Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia buka setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB. Sementara, hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional museum ini tutup. 

Sebagai informasi, untuk saat ini MuBI masih membatasi jumlah kuota pengunjung luring, yaitu maksimal 50 orang per sesi. 

Baca juga: Museum Mandiri Jakarta Dibuka Lagi, Ini Harga Tiketnya

Berikut jadwal dan sesi yang bisa dipilih calon pengunjung di Museum BI:

Sesi 1, mulai dari pukul 08.00 -10.00 WIB

Sesi 2, mulai dari pukul 10.00 -12.00 WIB

Sesi 3, mulai dari pukul 13.00 -15.00 WIB

Pukul 12.00 - 13.00 WIB, Museum bank Indonesia tutup sementara.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Cara memesan tiket online

Pengunjung bisa datang dengan menghubungi email museum@bi.go.id atau registrasi melalui WhatsApp Museum Bank Indonesia ke nomor 0812-9157-3940.

Baca juga: Fakta-fakta Hari Museum Internasional yang Jatuh pada 18 Mei

Harga tiketnya, masih sama seperti sebelum pandemi, yaitu Rp 5.000 per orang. Adapun khusus bagi pelajar atau mahasiswa yang menunjukkan kartu identitasnya, bisa masuk ke museum secara gratis. 

"Untuk pelajar atau mahasiswa yang menunjukkan kartu pelajar atau mahasiswanya, maka tiket (masuk museum) gratis," kata Bidang Humas dan Pemasaran Museum Bank Indonesia, Marry Marsela, kepada Kompas.com, Kamis. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.