Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 18:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Momentum libur akhir tahun 2022 menjadi waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Para orang tua bisa mengajak anak-anak mengunjungi sejumlah obyek wisata karena berbarengan dengan libur sekolah.

Jika berencana berlibur ke Lembang, ada sejumlah tempat wisata akhir tahun yang ramah anak.

Lembang memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca juga: 5 Tempat Makan di Lembang dengan Pemandangan Alam

Tempat wisata akhir tahun di Lembang ramah anak

Kompas.com telah merangkum tempat wisata akhir tahun di Lembang yang ramah anak, sebagai berikut

1. Farmhouse Lembang

Farm House Lembang Shutterstock Farm House Lembang

Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu ikon wisata Lembang yang sudah familiar di kalangan wisatawan. Farmhouse Lembang memiliki aneka wahan dan atraksi yang ramah anak.

Mengutip Kompas.com, Senin (24/09/2018), Farmhouse Lembang menawarkan wisata edukasi dan bermain bersama satwa. Bagi yang suka berfoto, ada sejumlah spot Instagramable antara lain bangunan-bangunan bergaya Eropa dan rumah hobbit seperti di film The Lord of the Rings.

Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Baca juga: Farmhouse Lembang Bandung: Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju ke Sana

2. Floating Market

Ilustrasi Floating Market Lembang.SHUTTERSTOCK/ARDIWEBS Ilustrasi Floating Market Lembang.

Ikon wisata Lembang lainnya adalah Floating Market. Para orang tua bisa mengajak anak-anak merasakan sensasi menyantap kuliner di atas perahu.

Selain itu, ada beragam fasilitas dan wahana yang dapat menghibur keluarga.

Floating Market ini menyediakan wahana kota mini, taman angsa, taman kelinci, rainbow garden, sepeda dan sampan air, hingga miniatur kereta api.

Lokasinya berada Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang, Bandung Barat.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Floating Market Lembang, Bisa Berkuda

3. Fairy Garden by The Lodge

Fairy Garden di Lembang, Bandung (Dok. Fairy Garden by The Lodge) Fairy Garden di Lembang, Bandung (Dok. Fairy Garden by The Lodge)

Fairy Garden by The Lodge adalah wisata yang mengusung konsep negeri dongeng, sehingga sangat cocok untuk anak-anak.

Ketika masuk area Fairy Garden by The Lodge, para pengunjung akan disuguhi suasana bak negeri para peri, mulai dari kostum petugas, bangunan kastel, properti, dan taman. 

Mengutip laman Fairy Garden by The Lodge, ada empat kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di obyek wisata ini.  Meliputi, seni dan kriya, belajar dan menghias tanaman, membaca buku dan mendengarkan dongeng, serta belajar memberi makan pada hewan. 

Lokasinya berada di Jalan Maribaya km 3, RW 9, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

4. Lembang Park & Zoo

Bird Aviary InstagramableDOK. LEMBANG PARK & ZOO Bird Aviary Instagramable

Bermain di kebun binatang tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Jika berada di Lembang, maka cobalah kunjungi Lembang Park & Zoo.

Kebun binatang seluas 20 hektar ini, memadukan konsep kebun binatang dan taman bermain. Terdapat sekitar 370 ekor satwa di Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo mempunyai banyak spot foto instagramable. Pengunjung sebaiknya jangan melewatkan untuk berfoto di Bird Aviary atau sangkar burung raksasa dan Restoran Mari Makan.

Setelah lelah berkeliling, para pengunjung bisa duduk santai menikmati kuliner di Neko Cat Cafe dan Quagga Green Cafe. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat. 

Baca juga: Panduan Wisata ke Lembang Park & Zoo, Wahana, Harga Tiket, dan Rute 

5. De’Ranch Lembang 

De?Ranch Lembang Lembang, Bandung (Dok. De?Ranch Lembang) De?Ranch Lembang Lembang, Bandung (Dok. De?Ranch Lembang)

De’Ranch Lembang mengusung konsep perkampungan koboi yang lengkap dengan segala pernak-perniknya.

Mengutip laman resminya, De’Ranch Lembang mulanya adalah tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah. Tempat seluas 5 hektar ini akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Jika kamu mengajak si kecil, maka mereka bisa menunggangi kuda lengkap dengan kostum dan topi khas koboi. De’Ranch Lembang juga memiliki berbagai wahana permainan dan rekreasi lain, seperti kolam pancing, panahan, dan restoran. 

Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat.

6. The Great Asia Afrika 

The Great Asia Afrika rekomendasi tempat wisata di Bandung.Instagram @thegreatasiaafrica.id The Great Asia Afrika rekomendasi tempat wisata di Bandung.

The Great Asia Afrika merupakan obyek wisata yang mengedukasi anak-anak tentang tujuh negara di Asia dan Afrika. Mengutip Kompas.com, Minggu (19/07/2020), terdapat miniatur destinasi wisata terkenal dari tujuh negara di The Great Asia Afrika.

Ikon negara-negara yang ditampilkan antara lain Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah.

Serunya lagi, pengunjung bisa mencoba pakaian tradisional negara tersebut. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang-Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Baca juga: The Great Asia Afrika Lembang, Keliling 7 Negara Tanpa ke Luar Negeri

7. Sarae Hills

Sarae HillsInstagram @sarae.hills Sarae Hills

Obyek wisata dengan konsep keliling dunia adalah Sarae Hills. Obyek wisata ini menawarkan pengalaman keliling dunia di area World of Wonders (WOW).

Mengutip Kompas.com (1/3/2022), area  World of Wonders tersebut memiliki berbagai bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia.

Sebut saja, Arc de Triomphe, Menara Eiffel, Patung Liberty, Sphinx, Pyramid Giza, dan Amphitheatrum Flavium.

Selain mengenalkan bangunan ikonik itu kepada anak-anak, tentunya wisatawan bisa menjadikannya latar belakang foto Instagramable

Jika ingin beristirahat, kamu bisa mampir sejenak ke kafe yang berkonsep ala Santorini dengan ciri khas bangunan berwarna putih dan biru. Lokasinya berada di Jalan  Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.

8. Dago Bakery 

Dago Bakerydagobakery.com Dago Bakery

Apa kamu ingin merasakan sensasi menyantap makanan dengan suasana Eropa klasik? Tak perlu jauh-jauh ke Benua Biru, kamu bisa mendapatkan pengalaman tersebut di Dago Bakery Punclut.

Mengutip laman Dago Bakery, restoran ini didesain menyerupai kastel Eropa bergaya klasik bak negeri dongeng. Bangunan kastel didominasi warna abu-abu tua, sehingga menambah kesan megah dan elegan. 

Selain bangunan kastel Eropa klasik, masih banyak spot foto Instagramable lainnya di Dago Bakery Punclut.

Pengunjung bisa berfoto di ruang terbuka berlatar pemandangan Kota Bandung, dua lampu menyerupai Supertree Grove di Gardens By The Bay, Singapura, dan anjungan kapal lengkap dengan roda kemudinya.

Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: 4 Wisata Lembang Dekat Dago Bakery Punclut, Ada Sarae Hills

9. Mercusuar Cafe & Resto

Cafe dan restoran Instagramable di Bandung bernama Mercusuar Cafe & Resto.dok. Mercusuar Cafe & Resto Cafe dan restoran Instagramable di Bandung bernama Mercusuar Cafe & Resto.

Serupa dengan Dago Bakery, tempat kuliner ini mengusung tema abad pertengahan dengan menghadirkan bangunan berbentuk kastel.

Mengutip Kompas.com (9/9/2020), nuansa khas Eropa tidak hanya terlihat dari bangunan kastil megah, tetapi juga dari dekorasi di sekitarnya.

Mercusuar Cafe & Resto terdiri dari enam lantai, sehingga pengunjung di area kastel rooftop bisa melihat panorama Bandung dari ketinggian. Selain itu, ada bangunan mercusuar yang bisa dikunjungi wisatawan.

Lokasinya di Jalan Lembah Pakar Timur 2 Nomor  7, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

10. Orchid Forest

Orchid Forest Cikole, Lembang, BandungSHUTTERSTOCK/Akhmad Dody Firmansyah Orchid Forest Cikole, Lembang, Bandung

Orchid Forest bisa menjadi alternatif destinasi wisata bagi orang tua yang ingin mengenalkan anak-anak lebih dekat dengan alam.

Mengutip Kompas.com (20/1/2022), pengunjung akan disuguhi dengan panorama hutan pinus yang berjajar rapi. Sembari menikmati udara hutan yang segar, wisatawan bisa mencoba sejumlah aktivitas bersama buah hati.

Misalnya, mini golf, bermain bersama kelinci, dan menunggang kuda. Lokasinya berada di Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com