Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 15:35 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan sejumlah potensi wisata religi dan ziarah di provinsi tersebut dalam peluncuran 100 Paket Wisata Nusantara di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (5/12/2022).

Menurut dia, wisata religi khususnya tempat wisata ziarah di Jawa Tengah memiliki daya tarik dan potensi yang besar untuk dijual.

Baca juga:

"Pernah ada yang tanya, kawan-kawan dari Malaysia ingin sekali ziarah ke Jawa Tengah," kata Ganjar dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Senin.

Adapun salah satu paket wisata religi yang ditawarkan berupa paket empat hari tiga malam bertajuk Ziarah Walisongo seharga mulai Rp 2,6 juta, untuk rute Semarang-Cirebon-Semarang.

"Tentu kita tidak stand alone (bekerja sendiri), nanti kita berkolaborasi dengan tempat yang lain, ada yang kita tawarkan beberapa yang religi, sunan-sunan yang ada, mulai dari Cirebon, Jawa Tengah dan Jawa Timur, satu paket," terangnya.

Ia mengatakan, jumlah pengunjung akan meningkat drastis ke tempat tersebut bertepatan dengan berlangsungnya kegiatan selawat.

"Sebenarnya kalau kita melihat, tempat ziarah-ziarah atau wisata religi ini enggak kalah. Luar biasa, apalagi kalau waktu berkunjung ke sana ada selawatan, itu tambah ramai, loh," ujarnya.

Baca juga: Kenapa Ziarah Kubur Ramai Dilakukan Saat Lebaran, Ini Alasannya

Ketika kegiatan selawat diumumkan, peminatnya bisa meningkat dari 1.000-1.500 orang pada saat biasa, dan dapat mencapai 10.000 orang dalam satu waktu.

"Apalagi kalau kita sedang ngobrol sama beberapa teman dan memberi tahu akan dihadiri habib, syekh, wow, sudah itu. 10.000 (pengunjung)," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com