Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan 100 Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu) guna mendorong target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2023.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi (soal) bagaimana agar kita berwisata di Indonesia aja, kami berkoordinasi dengan 34 provinsi dan masing-masing mengirimkan tiga paket wisata terbaiknya, untuk menambah wisata liburan Nataru (Natal 2022 dan tahun baru 2023)," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (5/12/2022).

Baca juga:

Ia mengatakan, dari 1,4 miliar target pergerakan wisnus itu, 80 persen di antaranya berpusat di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, ditambah dengan adanya destinasi pariwisata super prioritas Candi Borobudur.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) juga turut berpartisipasi dengan mengirim tiga paket wisata unggulan yakni Private Trip Mount Lawu, Paket Wisata One day Tour SOLO Jeep, serta Paket Wisata Ziarah Wali Songo.

Baca juga: Ada Ancaman Resesi 2023, Ganjar Optimistis Pariwisata Tetap Cerah

"Senang saya diajak diskusi dan mempromosikan tiga paket wisata dari masing-masing provinsi," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kesempatan serupa.

Ganjar juga memastikan Jateng akan berkolaborasi dengan daerah lain, termasuk dalam mempromosikan paket wisata religi, ziarah ke makam para sunan.

"Tentu kita tidak stand alone (bekerja sendiri), Jateng juga berkolaborasi dengan tempat lain. Maka tadi kita tawarkan, terutama religi, makam para sunan. Mulai dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur satu paket," terang Ganjar.

Baca juga:

Ia pun berharap 100 Paket Wisata Nusantara ini bisa menjadi pendukung untuk memenuhi target pergerakan wisatawan pada tahun 2023.

"Jadi kita bangun optimisme. Sekarang kita coba kembangkan dan Kemenparekraf memfasilitasi kita yang ada di daerah untuk kita bisa mempromosikan, tentu inspirasi dari kementerian untuk kami yang ada di daerah, hanya tiga loh yang didaftarkan ke pusat," pungkas dia.

Baca juga: Jadwal 20 Kereta Api Tambahan untuk Nataru dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen

Adapun rincian paket wisata bisa dilihat di laman https://www.indonesia.travel/id/id/campaign/100paketwisatanusantara.

Calon wisatawan selanjutnya dapat menghubungi kontak yang tertera bila ingin melakukan pemesanan paket wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+