Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Wisata Buatan di Gunungkidul Saat Hujan Turun

Kompas.com - 29/12/2022, 10:13 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Gunungkidul Arif Aldian memberikan alternatif tempat wisata buatan di dalam ruangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat cuaca kurang bersahabat.

"Gunungkidul ada beberapa destinasi lain selain pantai, destinasi wisata buatan yang dikelola oleh lembaga non-pemerintah itu saya kira bisa jadi alternatif bagi wisatawan yang ke Gunungkidul," kata Arif saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Baca juga:

Menurutnya, lokasi wisata buatan di Gunungkidul relatif lebih aman dibandingkan wisata alam yang berpotensi terdampak kondisi alam yang tidak mendukung saat ini.

Sebab, kata dia, curah hujan di Gunungkidul belakangan termasuk tinggi dan kadang disertai angin kencang.

"Seperti disampaikan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), saat ini curah hujan di Gunungkidul cukup tinggi dan kadang-kadang disertai angin kencang, ini memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul," tuturnya.

Baca juga: Kunjungan Wisata Libur Akhir Tahun di Gunungkidul Mulai Naik

Untuk tempat wisata alternatif selain pantai, ia menyebutkan beberapa desa wisata, antara lain Desa Wisata Nglanggeran dan Desa Wisata Tepus.

"Desa Wisata Nglanggeran dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, kebun durian, olahan cokelat. Lalu Desa Wisata Katongan dengan olahan Aloe vera (lidah buaya) dan madu lanceng," tuturnya.

Baca juga: 5 Atraksi Menarik Desa Nglanggeran, Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 UNWTO

Arif melanjutkan, jika biasanya saat periode Natal dan tahun baru (Nataru), terutama sebelum Covid-19, angka kunjungan termasuk tinggi, saat ini cenderung melandai karena situasi dan kondisi cuaca.

Arif menjelaskan, angka kunjungan wisatawan ke Gunungkidul selama periode libur Nataru sejak Sabtu (24/12/2022) hingga Rabu (28/12/2022) masih berada di angka 47.435 orang.

"Ini dari target selama libur Nataru 148.305 wisatawan," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com