Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2023, 22:09 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki periode mudik Lebaran 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan lagi calon pemudik agar mengecek kelayakan serta kesiapan transportasi yang akan digunakan.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau para pelaku usaha perjalanan wisata supaya memastikan transportasi yang digunakan untuk mengangkut penumpang lolos uji ramp check (inspeksi keselamatan kendaraan bermotor).

Baca juga:

"Diimbau kepada seluruh pemudik yang ingin berwisata agar mengecek kendaraannya dalam keadaan yang mumpuni, bus pariwisata yang digunakan, pastikan sudah mengikuti ramp check dan ada aplikasi Spionam (Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda)," ucap Menparekraf dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (17/4/2023).

Ia juga mengingatkan para pelaku usaha transportasi pariwisata agar membekali para sopir dengan pelatihan guna mempersiapkan diri saat di lapangan nanti.

Baca juga: 8 Tips Mudik Naik Motor agar Aman sampai Tujuan

Utamakan CHSE

Ilustrasi wisatawan di kawasan Gunung Bromo.Dok. Pixabay/Muhammad Aknafi Ilustrasi wisatawan di kawasan Gunung Bromo.

Dalam hal ini, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyebarkan surat edaran ke berbagai Dinas Pariwisata (dinpar) di seluruh Indonesia.

Tujuannya guna memastikan kesiapan semua tempat wisata dan daya tarik wisata dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, terutama dari aspek CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) dan protokol kesehatan.

Baca juga:

"Untuk memastikan kesiapan destinasi, terutama lokasi daya tarik wisata dengan penerapan protokol kesehatan yang baik," imbuh Sekretaris Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Oneng Setya Harini dalam kesempatan serupa.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga melanjutkan bahwa pihaknya juga telah mengarahkan agar Dinas Pariwisata berkoordinasi dengan rumah sakit dan kepolisian setempat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan aktivitas berwisata selama libur Idul Fitri nantinya.

"Kemenparekraf terus menyiapkan destinasi agar menerapkan seluruh protokol CHSE dan keamanan, kesehataan dan keselamatan dan keberlanjutan lingkungan," ucapnya.

Baca juga: Sebelum Mudik, Simak 4 Cara Amankan Listrik di Rumah agar Tidak Kebakaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com