Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Edukasi di Jakarta, Cocok Buat Libur Sekolah 

Kompas.com - 28/05/2023, 23:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Musim libur sekolah sebentar lagi akan tiba. Biasanya, liburan diisi dengan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Tapi, tidak ada salahnya datang ke tempat wisata edukasi. Jadi, selain melepas penat, kamu bisa belajar hal-hal baru yang belum dipelajari di sekolah.

Baca juga: 10 Tempat Liburan di Jakarta Selatan, Banyak Destinasi Baru

Baca juga: 7 Tempat Liburan Dekat Jakarta, Ada Waterpark Instagramable

Jika kamu berada di ibu kota, ada sejumlah tempat wisata edukasi di Jakarta yang bisa menjadi opsi liburan. Mulai dari museum, ruang kreatif, dan galeri.

Wisata edukasi di Jakarta

Berikut rekomendasi wisata edukasi di Jakarta, seperti dihimpun Kompas.com. Ada sejumlah tempat wisata edukasi di Jakarta yang baru buka serta viral di media sosial. 

1. Ganara Art Plaza Indonesia 

Pengunjung di Ganara Art Plaza Indonesia yang sedang membuat tembikar, Selasa (4/4/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung di Ganara Art Plaza Indonesia yang sedang membuat tembikar, Selasa (4/4/2023).

Tempat wisata yang berada di Plaza Indonesia ini menawarkan beragam aktivitas hiburan sekaligus mengasah kemampuan seni.

Mengutip Kompas.com (11/5/2023), sejumlah aktivitas di Ganara Art antara lain melukis, membuat tembikar, mengunjungi galeri seni, ikut kelas seni, dan berfoto di spot instagramable.

Ganara Art Plaza Indonesia berlokasi di lantai 6 Mal Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Tempat wisata edukasi dan seni ini, buka setiap hari, mulai pukul 10.00-21.00 WIB. 

2. Museum Tekstil 

Koleksi kain batik di Museum Tekstil, Jakarta BaratKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Koleksi kain batik di Museum Tekstil, Jakarta Barat

Museum Tekstil memiliki 2.500 koleksi tekstil dari seluruh Indonesia. Jadi, kamu bisa belajar karya seni tekstil dari seluruh Nusantara, seperti  batik, songket, tenun, hingga berbagai macam selendang. 

Mengutip Kompas.com (20/5/2023), musuem yang diresmikan pada 1976 ini, berada di lokasi strategis di pusat Jakarta, tidak jauh dari Stasiun Tanah Abang.

Selain melihat koleksi tekstil, kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata edukasi ini antara lain ikut kelas membatik, fitting baju menggunakan AI, membaca buku, hingga piknik di halaman museum.

3. Galeria Sophilia

Pengunjung yang berpose di depan lukisan di dalam area Galeria Sophilia di Calvin Tower, Jakarta Utara, pada Minggu (7/5/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pengunjung yang berpose di depan lukisan di dalam area Galeria Sophilia di Calvin Tower, Jakarta Utara, pada Minggu (7/5/2023).

Tempat wisata yang viral ini cocok buat penggemar barang-barang seni. Mulai dari patung, lukisan, dan benda seni kuno internasional dipajang di Galeria Sophilia.

Mengutip Kompas.com (14/5/2023), galeri seni ini berlokasi di lantai 6 dan lantai 7 Calvin Tower, di kompleks Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII), Pademangan Timur, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada lantai 6, pengunjung bisa menemukan replika patung dan lukisan klasik karya seniman terkenal dari Eropa yang terbagi menjadi beberapa era. Mulai dari karya Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, Vincent van Gogh, Goya, Raphael, hingga Claude Monet dapat ditemukan di sini

Sementara, lantai 7 berisi koleksi barang-barang kuno dan antik asal China, seperti lukisan, guci, keramik, porselen, tembikar, vas, piring, lonceng, hingga patung berusia sampai 500 tahun lalu.

Jam buka Galeria Sophilia hanya setiap hari Minggu, pukul 12.00 hingga 15.00 WIB. Tiket masuk dibanderol Rp 0 hingga Rp 100.000 per orang tergantung usia, dan bisa dibeli langsung di tempat.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com