Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2023, 11:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jemaah haji yang pulang dari Mekkah biasanya membeli oleh-oleh untuk dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan kolega. Tahun ini, pelaksanaan ibadah haji 2023 telah dimulai dengan pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama pada Rabu (24/5/2023) lalu.

Baca juga:

Sebagian dari jemaah membeli oleh-oleh haji tersebut di Indonesia. Selain harganya lebih murah, membeli oleh-oleh haji di Indonesia lebih praktis karena tidak menambah berat bagasi pesawat.

Kualitas oleh-oleh haji tersebut juga tidak kalah bersaing dibandingkan beli langsung di Tanah Suci karena sebagian diimpor langsung dari Arab Saudi, dan negara di Timur Tengah lainnya.

Tempat beli oleh-oleh haji di Jakarta 

Berikut rekomendasi tempat beli oleh-oleh haji di Jakarta. Lokasi ini selalu dipadati pembeli, khususnya saat musim haji seperti sekarang ini.

1. Pasar Tanah Abang 

Toko Roundhoh, salah satu toko oleh-oleh haji dan umrah di Pasar Tanah Abang
Albert Supargo Toko Roundhoh, salah satu toko oleh-oleh haji dan umrah di Pasar Tanah Abang

Selain terkenal sebagai pusat penjualan pakaian, PasarTanah Abang merupakan sentra oleh-oleh haji. Saat musim haji tiba, masyarakat akan berbondong-bondong datang ke pasar grosir terbesar se-Asia Tenggara ini.

Para pedagang oleh-oleh haji di Pasar Tanah Abang dapat ditemui di beberapa blok, seperti Blok A, B, dan paling banyak di Blok F, seperti dikutip dari Kompas.com (21/8/2019).

Beberapa toko yang menjual oleh-oleh haji di Pasar Tanah Abang, antara lain, Beberapa toko yang tersedia di sana diantaranya seperti Alifah Dates, Dunia Haji, Kurma Arafah, dan lainnya.

Pengunjung bisa menemukan aneka cemilan impor khas Tanah Suci, seperti kurma, kismis, kacang Arab, kacang Pistacio, dan lainnya. Adapula, pernak-pernik oleh-oleh haji, seperti  minyak zaitun, henna, peci dari Turki, tasbih, parfum dari Arab, sajadah khas Turki, dan sebagainya.

2. Thamrin City 

Toko Kanzza, salah satu toko oleh-oleh haji dan umrah di Thamrin Ciry, Jakarta Pusat

TribunJakarta.com/Anisa Kurniasih Toko Kanzza, salah satu toko oleh-oleh haji dan umrah di Thamrin Ciry, Jakarta Pusat

Tidak jauh dari Pasar Tanah Abang, masyarakat bisa menemukan tempat beli oleh-oleh haji di Thamrin City.

Selain itu, ada penjual barang-barang keperluan ibadah haji dan umrah. Pengunjung bisa menemukan oleh-oleh haji di lantai 3A Thamrin City, seperti toko Planet Haji Umrah, Toko Al Karomah, Toko Tsabit, dan lainnya.

Produk oleh-oleh haji di Thamrin City juga beragam mulai dari aneka camilan hingga pernak-pernik khas Timur Tengah.

Baca juga:

3. Jalan KH. Mas Mansyur 

Jika pengunjung engga masuk ke Pasar Tanah Abang, maka ada alternatif tempat membeli oleh-oleh haji di Jalan KH. Mas Masyur. Pada tepi jalan tersebut, masyarakat bisa menemukan beragam toko oleh-oleh haji.

Sebut saja, Hasan Husain Oleh-oleh Haji, Toko Syarifah Banun, Toko Oleh-oleh Haji Berkah Bersama, Abdullah Mustafa Center, dan sebagainya.

Pada musim haji, jalanan KH. Mas Mansyur dipadati masyarakat yang ingin membeli oleh-oleh haji. Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com