Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Rimba Baca: Jam Buka, Lokasi, dan Cara Jadi Anggota

Kompas.com - 03/07/2023, 17:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menghabiskan waktu di akhir pekan bisa dengan wisata edukasi ke berbagai perpustakaan di Jakarta, salah satunya Rimba Baca

Rimba Baca merupakan perpustakaan milik pribadi yang lebih berfokus ke koleksi untuk anak-anak, meski tersedia juga area dan koleksi buku untuk orang dewasa atau pendamping. 

Baca juga:

Pemilik Rimba Baca, Fitriyana mengatakan bahwa awalnya perpustakaan ini didirikan untuk menciptakan ruang yang nyaman bagi anak-anak dalam hal literasi. 

"Sudah buka sejak 2011. Konsep awal kami memang mau menciptakan tempat yang nyaman untuk anak-anak membaca," ujar Fitriyana kepada Kompas.com, Minggu (2/7/2023). 

 

Menurutnya, anak-anak akan bisa senang membaca jika berada di tempat yang nyaman, serta diberikan buku yang menarik dan sesuai umurnya, dengan topik yang mereka sukai. 

Perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan.

Jika tertarik untuk berkunjung, simak informasi seputar jam buka, lokasi, dan sistem keanggotaan Rimba Baca berikut ini. 

Jam buka dan lokasi Rimba Baca

Rimba Baca berada di kompleks perumahan, tepatnya di Jalan Intan RSPP Utara Nomor 21B, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Ada beberapa transportasi umum terdekat, seperti MRT dan bus Transjakarta, yang bisa dinaiki untuk menjangkau Rimba Baca. Namun, pengunjung masih harus lanjut jalan kaki, naik angkutan umum, atau ojek online (daring) untuk tiba di lokasi. 

Baca juga: 7 Perpustakaan di Jakarta, Nyaman dan Estetis

"Kami buka setiap hari kecuali hari libur nasional. Mulai jam 10 pagi sampai 5 sore," ujar Fitriyana. 

Jam operasional Rimba Baca adalah setiap hari Senin-Minggu, pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Tempat ini hanya tutup saat hari libur nasional atau tanggal merah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com