Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Perpustakaan Rimba Baca Naik KRL, MRT, dan Transjakarta

Kompas.com - 03/07/2023, 14:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perpustakaan Rimba Baca di Jakarta Selatan bisa menjadi salah satu pilihan bagi anak-anak atau keluarga yang ingin membaca buku. 

Telah berdiri sejak 2011, perpustakaan ini lebih dikenal sebagai perpustakaan anak-anak. Meskipun bangunannya terdiri dari dua lantai yang mana lantai duanya berisi buku koleksi dewasa. 

Baca juga:

"Kalau ditotal dua lantai kami ada sekitar 7.000 koleksi buku. Untuk anak-anak di lantai 1 dan orang dewasa atau pendampingnya bisa ke lantai 2," ujar pemilik Rimba Baca bernama Fitriyana, saat ditemui Kompas.com, Minggu (2/7/2023). 

Di lantai satu, terdapat buku cerita bergambar dan buku novel yang ditujukan untuk usia 0-12 tahun, sedangkan di lantai dua ada buku-buku parenting, novel, non-fiksi, komik, hobi, dan agama. 

Rimba Baca berlokasi di Jalan Intan RSPP Utara Nomor 21B di Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. 

Perpustakaan ini buka setiap hari Senin-Minggu, pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Tempat ini tutup saat hari libur nasional atau tanggal merah.

Perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan.

Cara menuju ke Rimba Baca

Sebagai informasi, Rimba Baca berada di antara komplek perumahan. Oleh karena itu, tidak ada tranportasi umum yang langsung berhenti tepat di depan perpustakaan ini. 

"Tapi ada halte Transjakarta sama stasiun MRT terdekat. Dari sana lanjut ojek atau jalan kaki," kata Fitriyana. 

Baca juga: Apakah Boleh Bawa Makanan ke Perpustakaan Nasional?

Naik MRT

Bagi yang datang dari arah Jakarta Pusat dan sekitarnya, bisa memanfaatkan MRT. Stasiun MRT terdekat dari Rimba Baca adalah Stasiun MRT Fatmawati yang berjarak 1,6 kilometer (km). 

Setelah turun di Stasiun MRT Fatmawati, kamu bisa melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 22 menit. Bisa juga naik ojek online (daring) selama kurang lebih tujuh menit. 

Ilustrasi Stasiun MRT Fatmawati.Dok. Wikimedia Commons/Lima_Em_Railfans Ilustrasi Stasiun MRT Fatmawati.

Naik bus TransJakarta

Adapun bagi yang ingin naik bus TransJakarta, bisa memanfaatkan beberapa pilihan bus yang melewati daerah sekitar Cilandak.

Dari Jakarta Pusat, bisa naik bus 1P (Senen-Blok M) yang berhenti di Jalan Palatehan. Lanjut lagi naik angkutan umum JAK.31 (Blok M-Andara) yang melewati 42 pemberhentian, lalu turun di Jalan Berlian II Pondok Labu.

Selanjutnya kamu tinggal berjalan kaki sekitar 250 meter ke Rimba Baca. 

Baca juga: Cara ke Perpustakaan Erasmus Huis Naik KRL, TransJakarta, dan MRT

Dari Jakarta Barat, bisa naik Transjakarta 8 (Pasar Baru-Lebak Bulus) lalu turun di Lebak Bulus.

Kemudian beralan kaki dua menit menuju Lebak Bulus Jak Lingko, naik angkutan umum JAK.45 (Lebak Bulus-Ragunan). Lalu turun di BBPK Jakarta, lanjut jalan kaki kira-kira 220 meter menuju Rimba Baca. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com