Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Liburan ke Swiss?

Kompas.com - 23/10/2023, 06:36 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Swiss merupakan destinasi impian banyak orang, terutama karena panorama alamnya yang eksotis dan memukau.

Lalu, jika berencana liburan ke Swiss, kapan waktu terbaik pergi ke sana?

Kapan waktu terbaik ke Swiss?

Bicara soal "terbaik", tentu bisa berbeda-beda bagi setiap orang.

Misalnya, sebagian orang mungkin mencari waktu paling tepat untuk menghemat bujet, sementara sebagian lainnya mencari musim terbaik.

Baca juga:

Jika ingin menekan bujet, misalnya, pilihlah waktu di luar musim liburan atau low season. Dengan begitu, biaya yang keluar untuk akomodasi dan tiket pesawat bisa ditekan.

Menurut Direktur Switzerland Tourism Asia Tenggara, Batiste Pilet, beberapa periode low season di Swiss adalah di luar liburan akhir tahun, serta Maret-April, dan Oktober-November.

"Sementara saat Natal, tahun baru tentu lebih mahal," katanya di sela konferensi pers di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

April adalah ketika musim semi di Swiss tiba, ketika bunga-bunga bermekaran, sementara Oktober adalah musim gugur ketika dedaunan berubah warna menjadi kuning dan merah.

“Musim terbaik itu musim pada bulan 10. Tidak dingin dan tidak panas,” kata pemandu tur Jonny Ivo Kwok, seperti dikutip dari Kompas.com (22/11/2020).

Baca juga:

Namun, jika mencari salju, maka datanglah pada November hingga Februari, ketika salju relatif tebal.

Kapanpun kamu berencana liburan ke Swiss, penting untuk segera menyusun perencanaan. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengumpulkan keperluan, termasuk mengajukan visa.

Swiss termasuk negara Schengen. Untuk mengajukan visa Schengen dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 bulan sebelum berangkat.

Kita perlu memberi jarak waktu lebih lama jika berencana pergi ketika high season, seperti saat liburan akhir tahun atau Lebaran, yang relatif banyak dimanfaatkan orang-orang untuk berlibur.

"Proses visa relatif cepat, dalam seminggu saja. Tapi kedutaan punya kapasitas terbatas, jadi ketika high season sistemnya kita harus menunggu lebih lama. Bisa sekitar 1,5 bulan," ucap Batiste.

@kompastravel Ini dia nih yang ditunggu-tunggu! Paspor buat masuk ke Bekasi hahaha. Di Kopi Kedubes Bekasi kamu bisa dapetin paspor ini dengan harga Rp. 40.000. Paspor ini bisa kamu gunain sebagai notes juga guys. Tunggu full review-nya yaaa… #bekasihits #explorebekasi #bekasibanget #ngopiyuk ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com