BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Genting Malaysia

Enggak Mesti ke Eropa, Resorts World Genting Bisa Jadi Pilihan Destinasi Liburan Mewah

Kompas.com - 06/07/2023, 17:45 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi banyak keluarga Indonesia, liburan mewah kerap diidentikkan dengan melancong ke Eropa. Padahal, konsepnya tak selalu demikian.

Anda pun tidak perlu lagi terbang belasan jam untuk menikmati liburan ala sultan bareng keluarga. Sebab, hal ini juga bisa dilakukan di negara tetangga Indonesia, misalnya Malaysia.

Di negara tersebut, banyak tempat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Resorts World Genting yang berada di Genting Highlands, Malaysia. Dari Kuala Lumpur, dataran tinggi ini bisa ditempuh selama satu jam dengan berkendara mobil.

Di kalangan pelancong, Resorts World Genting dikenal sebagai salah satu destinasi liburan mewah di Asia Tenggara. Berbagai tempat hiburan serta penginapan kelas wahid banyak tersedia di sana. Karena itu pula, Resorts World Genting mendapat julukan Las Vegas Negeri Jiran.

Destinasi wisata itu kian menawan karena alamnya masih asri sehingga udaranya pun sejuk. Jadi, jangan lupa membawa jaket atau baju hangat ketika pelesiran ke sana.

Lantas, apa saja hal menarik yang tersedia di Resorts World Genting sehingga anda patut mempertimbangkannya sebagai destinasi liburan mewah keluarga? Berikut adalah ulasannya.

Junior Suite di Crockfords.  Dok. Genting Group Junior Suite di Crockfords.

1. Penginapan kelas dunia

Resorts World Genting punya sejumlah sanggraloka mewah dengan segudang fasilitas penunjang kenyamanan tamu. Sebut saja, Crockfords, First World Hotel, Resorts World Awana, dan Genting SkyWorlds Hotel.

First World Hotel sendiri merupakan hotel terbesar di dunia yang diakui oleh Guinness World of Records pada 2015 dengan memiliki 7.351 kamar.

Tak hanya itu, First World Hotel juga terbilang strategis karena berdekatan dengan sejumlah tempat hiburan, termasuk wahana bermain, atraksi menarik, mal, serta restoran.

Tak kalah dengan First World Hotel, Crockfords juga merupakan hotel yang keunggulannya diakui oleh dunia. Pengakuan ini datang dari Forbes Travel Guide yang memberikan nilai lima bintang selama lima tahun berturut-turut sejak 2019.

Hotel itu juga memiliki beberapa suite yang dilengkapi fasilitas kelas atas, seperti steam bath pribadi, dinding bermaterialkan marmer Yunani Calacatta, dan sistem gym Italia. Layanan concierge, butler, dan limousine juga tersedia di sana.

Sementara itu, Resorts World Awana adalah resor yang cocok untuk tamu yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan tenang. Pasalnya, penginapan ini terletak di tengah-tengah hutan hujan tropis.

Resorts World Awana juga menghadirkan sejumlah fasilitas lengkap. Sebut saja, lapangan golf 18 lubang dengan pemandangan indah dari pegunungan. Kemudian, fasilitas gim serta kolam renang yang bersuhu tinggi.

Sejumlah kegiatan seru untuk anak-anak juga tersedia di resor itu, seperti acara membuat roti Little Baker, memanen lebah tanpa sengat, jalan-jalan di alam terbuka dan menanam tanaman di Penanam Alam Kecil. Seluruh fasilitas untuk kegiatan tersebut sudah direnovasi.

Kalau ingin menginap dengan suasana berbeda, Anda perlu mempertimbangkan Genting SkyWorlds Hotel. Hotel ini menyediakan kamar-kamar berdekorasi grafiti tokoh kartun warna-warni dalam balutan modernitas dan minimalis.

Terdapat dua tipe kamar yang bisa Anda pilih di penginapan itu, yaitu Sixers Room dengan tiga tempat tidur dan Quads Room dengan dua tempat tidur. Kedua tipe menggunakan kasur berukuran queen.

Karena terletak di depan pintu Arena of Stars dan SkyAvenue yang merupakan pusat perbelanjaan dan kuliner populer di Resorts World Genting, pengunjung akan dengan mudah menemukan berbagai kebutuhan.

Selain itu, Genting SkyWorlds Hotel juga berdekatan dengan Genting SkyWorlds Theme Park, taman hiburan baru yang menawarkan berbagai atraksi menarik tematik berdasarkan film-film populer, seperti Ice Age, Rio, dan Planet of the Apes.

Skytropolis Indoor Theme Park.Dok. Genting Group Skytropolis Indoor Theme Park.

2. Taman hiburan ramah anak

Resorts World Genting juga mempunyai sejumlah taman hiburan yang menyediakan berbagai macam wahana dan atraksi seru serta menarik untuk semua kalangan, termasuk anak-anak.

Salah satunya adalah Genting SkyWorlds Theme Park. Taman hiburan seluas 26 ha yang baru dibuka pada 2022 ini merupakan yang terbesar di Malaysia. Di dalamnya, terdapat sembilan dunia fantasi yang terinspirasi dari sejumlah film populer dan petualangan. Berbagai teknologi canggih dan efek khusus digunakan pada setiap dunia guna memberikan pengalaman imersif bagi pengunjung.

Kesembilan dunia fantasi itu adalah Eagle Mountain, Central Park, Liberty Lane, Robots Rivet Town, Andromeda Base, Ice Age, Studio Plaza, Epic, dan Rio. Masing-masing dunia fantasi memiliki wahana permainan dan atraksi seru tersendiri.

Selain Genting SkyWorlds Theme Park, ada pula Skytropolis Indoor Theme Park. Sesuai namanya, taman hiburan ini berada di dalam ruangan, yakni di First World Plaza dan berdekatan dengan SkyAvenue.

Di taman seluas 400.000 kaki persegi itu, terdapat lebih dari 20 wahana yang cocok untuk keluarga serta penyuka petualangan dan adrenalin. Beberapa wahana populer di sana adalah Chariot Cruise, Copper Express, Spin Crazy, dan Sky Towers2.

SkyAvenue Complex merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern nan mewah di Resorts World Genting.Dok. Genting Group SkyAvenue Complex merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern nan mewah di Resorts World Genting.

3. Pusat perbelanjaan produk premium

Tak lengkap rasanya jika berlibur ke luar negeri tanpa mengunjungi pusat perbelanjaan ternama di sana, baik untuk berbelanja maupun sekadar cuci mata. Resorts World Genting pun punya fasilitas ini.

Pertama, Genting Highlands Premium Outlets. Seperti namanya, pusat perbelanjaan ini merupakan rumah bagi karya-karya desainer terkemuka dan merek-merek ternama dunia di Malaysia, antara lain Coah dan Polo Ralph Lauren. Total, terdapat lebih dari 150 outlet di sana.

Hal menarik dari tempat itu adalah penawaran diskon 65 persen yang berlangsung setiap hari.

Kemudian, ada pula SkyAvenue Complex yang merupakan mal gaya hidup terbaru dengan lebih dari 100 merek dan toko dari bermacam lini kebutuhan. Sebut saja, perhiasan, jam tangan, sepatu, dan gadget.

Di mal itu, juga tersedia berbagai aktivitas keluarga, seperti SkySymphony dan Zouk Genting. Hal menarik lain dari tempat ini adalah keberadaan Sky VR, yakni pusat hiburan virtual reality (VR) yang menawarkan pengalaman VR menarik berkat penggunaan teknologi canggih.

High Line Roof Top Market adalah pujasera di SkyAvenue yang menawarkan beragam jenis kuliner dari berbagai budaya.Dok. Genting Group High Line Roof Top Market adalah pujasera di SkyAvenue yang menawarkan beragam jenis kuliner dari berbagai budaya.

4. Pengalaman kuliner luar biasa

Resorts World Genting punya lebih dari 136 resto yang tersebar di berbagai tempat yang dapat memberikan pengalaman kuliner luar biasa. Beberapa di antaranya merupakan restoran ramah muslim dan sudah menyediakan label no pork. Contohnya adalah High Line Roof Top Market, Jom Makan Street Food, The Olive, dan Medan Selera.

High Line Roof Top Market sendiri merupakan pujasera modern yang berada di atas SkyAvenue. Berbagai stan kuliner Asia hingga Barat bisa ditemukan di sini, seperti barbeku, burger, bir, kaviar, oyster (tiram), kopi, dan piza. Selain itu, ada pula bar-bar yang menggelar pertunjukan musik live pada waktu tertentu.

Karena berada di atap mal, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam menakjubkan dan semilir angin sejuk dari sekitar saat menyantap makanan.

Masih di lokasi sama, tepatnya di lantai 4 SkyAvenue, terdapat Jom Makan Street Food dan media selera yang juga merupakan pujasera halal. Bedanya, makanan yang dijual di tempat tersebut adalah jajanan kaki lima terbaik di Malaysia. Contohnya, nasi campur, nasi lemak, nasi goreng, mi kari, roti canai, cendol, es kacang, dan teh tarik.

Jom Makan Street Food memiliki area makan yang luas dan nyaman, dengan hiasan dinding menarik dan berwarna-warni sehingga cocok untuk Anda yang ingin bersantap bersama keluarga atau teman-teman dalam suasana santai dan menyenangkan.

Sementara itu, The Olive adalah restoran fine dining yang menyajikan hidangan khas Malaysia. Lokasinya berada di lantai lobi Genting Grand.

Adapun sajian-sajian tersebut di antaranya adalah roti canai, roti sardine, kuih cara, kopi tarik, beriani, gulai ayam kampung nangka, daging opor, dan ikan keli bakar masak lemak cili padi. Semuanya dibuat dengan cita rasa autentik Melayu.

Selain itu, ada pula makanan Indonesia, yakni pecel, yang dijadikan menu pembuka di restoran tersebut. Untuk menu penutup, The Olive menyediakan cendol, bubur cha, serta som som (puding tepung ketan dengan santan, sirup gula aren dan taburan bubuk jaggery).

Jika menginap di Resorts World Genting, sambangilah Medan Selera. Pujasera ini menjual berbagai hidangan, seperti nasi, mi, serta makanan ringan dari Asia, Barat, dan Timur Tengah. Di sana, makanan-makanan lokal Malaysia juga bisa ditemukan.

Arena of Stars.Dok. Genting Group Arena of Stars.

5. Pertunjukan seni internasional

Resorts World Genting juga kerap menjadi tuan rumah bagi sejumlah pertunjukan spektakuler, baik nasional maupun internasional. Sebut saja, konser musik Sir Elton John, Black Eyed Peas, Jolin Tsai, dan Na Ying.

Semua gelaran itu diadakan di Arena of Stars yang merupakan auditorium megah dengan langit-langit tinggi, berkapasitas 5.000 kursi, serta dilengkapi sistem audio kelas dunia sehingga suasananya seperti di stadion.

Sejumlah acara bergengsi juga pernah di gelar di sana, seperti MTV Asia Awards, Genting World Lion Dance Championship, dan Genting International Jazz Festival.

Ingin menyaksikan sesuatu yang unik? Cobalah ke SkyAvenue. Di sana, terdapat instalasi seni bernama SkySymphony yang terdiri dari 1.001 lampu bola winch yang tergantung di langit-langit mal dalam empat tingkat dan membentuk berbagai pola indah. Kemudian, ribuan layar LED yang dipasang di area-area serupa.

Setiap malam, kisah-kisah populer nan menarik dimainkan di instalasi tersebut. Dengan menggabungkan efek cahaya, proyeksi gambar, dan musik, SkySymphony akan membawa pengunjung dalam perjalanan multi-sensori luar biasa.

Swee Caves Temple.Metal Bees Swee Caves Temple.

6. Eksplorasi alam dan tempat retret singkat

Bosan dengan keramaian, Resorts World Genting punya solusinya. Wisatawan bisa mengunjungi Genting Nature Adventures dan Chin Swee Caves Temple untuk mendapatkan pengalaman mengeksplorasi alam dan spiritual yang unik.

Adapun Genting Nature Adventures merupakan hutan hujan tropis tertua di Malaysia dengan usia 130 juta tahun. Berbagai keanekaragaman hayati hidup di sini, termasuk yang langka.

Keindahan hutan itu bisa dinikmati lewat sejumlah aktivitas seru, seperti trekking dan hiking. Terdapat tiga jalur yang ditawarkan dalam aktivitas ini, yaitu Clearwater Way, Awana Trail, atau Nature’s Little Planters. Setiap jalur memiliki pemandangan berbeda serta jalur menantang, seperti sungai, air terjun, dan lumut.

Wisatawan dapat pula mengunjungi Chin Swee Caves Temple, kuil China yang terletak di lereng berbatu dekat puncak Resorts World Genting. Tempat ini dibangun untuk menghormati dewa kemakmuran dan keadilan, Dewa Chin Swee.

Di kuil itu, berbagai bangunan-bangunan megah, seperti pagoda sembilan lantai, SkyTerrace, dan patung Buddha setinggi 15 meter dapat dilihat. Begitu pun dengan pemandangan Pegunungan Titiwangsa.

Itulah berbagai hal menarik bisa ditemukan di Resorts World Genting. Jadi, tunggu apa lagi? Segera persiapkan liburan keluarga dari sekarang.

Informasi lebih lengkap mengenai Resorts World Genting bisa didapat dengan mengeklik tautan ini.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com