Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Masuk Malaysia 2023, Tidak Perlu Tes Covid-19

Kompas.com - 05/07/2023, 16:14 WIB
Gading Perkasa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak Agustus 2022, semua pelaku perjalanan diizinkan masuk ke Malaysia terlepas dari status vaksinasi Covid-19 mereka.

Tidak hanya itu, mereka juga tidak wajib menjalani tes Covid-19 sebelum keberangkatan dan saat ketibaan di Malaysia, serta tidak wajib menjalani karantina.

Baca juga:

"Semua pelaku perjalanan yang memasuki Malaysia tidak perlu lagi mengisi dan melengkapi Traveller's Card dalam aplikasi MySejahtera," demikian bunyi keterangan resmi Kementerian Kesehatan Malaysia, dikutip Rabu (5/7/2023).

Pelonggaran ini diputuskan berdasarkan kondisi sistem kesehatan di negara tersebut yang membaik, dengan tujuan memudahkan proses masuk pelaku perjalanan ke Malaysia.

Meski demikian, kamu tetap bisa mengunduh dan mengaktifkan aplikasi MySejahtera sebelum atau setibanya di Malaysia untuk mengecek status risiko Covid-19 selama durasi kunjungan.

Status risiko Covid-19 dalam MySejahtera dapat diperiksa saat memasuki suatu lokasi.

Syarat pemakaian masker di Malaysia

Ilustrasi Kuala Lumpur, Malaysia.Dok. Unsplash/qaz farid Ilustrasi Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebelumnya mulai akhir Juni 2023, Kementerian Kesehatan Malaysia mengumumkan bahwa masker tidak lagi diwajibkan untuk dipakai saat naik kendaraan umum dan di fasilitas kesehatan.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (5/7/2023), masker hanya wajib dipakai oleh individu yang positif Covid-19 dan tenaga kesehatan ketika menangani pasien.

Baca juga:

Walau tidak diwajibkan, namun Menteri Kesehatan Malaysia, Zaliha Mustafa, tetap menganjurkan orang-orang untuk memakai masker saat naik kendaraan umum.

Pemakaian masker juga dianjurkan untuk kalangan lanjut usia (lansia) dan individu yang mengidap penyakit kronis, khususnya ketika mereka berada di keramaian.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com