Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23.439 Orang Naik Kereta Cepat Whoosh Akhir Pekan Kemarin

Kompas.com - 23/10/2023, 15:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta Cepat Whoosh melayani lebih dari 20.090 penumpang pada periode akhir pekan Sabtu dan Minggu, tanggal 21-22 Oktober 2023.

Rata-rata okupansi pada dua hari tersebut mencapai 90 persen dari keseluruhan tempat duduk yang disediakan.

"Jumlah penumpang yang dilayani pada kedua hari tersebut sebanyak 23.439 penumpang,” ujar General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Baca juga: 12 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta Cepat Whoosh 

Tingginya okupansi kereta cepat Whoosh pada akhir pekan kemarin didasari beberapa faktor, seperti adanya peningkatan masyarakat yang ingin berlibur, pulang ke daerah asal, bekerja, maupun untuk kepentingan lainnya di akhir pekan.

Eva merinci jumlah penumpang terdiri dari 11.330 penumpang pada Sabtu (21/10/2023) dengan okupansi 90 persen dan 12.109 penumpang pada Minggu (22/10/2023) dengan okupansi 92 persen.

"Dengan singkatnya waktu perjalanan, banyak penumpang yang sengaja melakukan perjalanan pergi pulang dalam satu hari yang sama tanpa perlu menginap di kota tujuan,” tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Imbauan naik KCIC

Beberapa hal yang perlu terus disosialisasikan kepada penumpang, kata Eva, di antaranya terkait datang lebih awal ke stasiun karena gate ditutup 5 menit sebelum jadwal keberangkatan dan duduk sesuai nomor kereta dan nomor kursi.

Baca juga:

Lalu, persiapkan tiket fisik maupun QR saat akan boarding, serta menjaga kebersihan selama berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan.

"Dengan tingginya angka penumpang Whoosh di akhir pekan ini, kami pun semakin yakin jika kehadiran Whoosh dapat berdampak positif bagi wilayah-wilayah di sekitar Jakarta-Bandung seperti bertambahnya angka wisatawan dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi,” ujar Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com