Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2023, 07:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur akan kembali menggelar penampilan tari dari Sabang hingga Merauke, dalam Parade Tari Nusantara ke-39.

"Acara yang diselenggarakan secara rutin oleh TMII ini bertujuan untuk mempromosikan, merayakan, dan melestarikan kekayaan warisan budaya tari Indonesia," ujar Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang, dalam keterangannya, Kamis (9/11/2023). 

Sebagai informasi, sudah lebih dari tiga dasa warsa Parade Tari Nusantara Taman Mini “Indonesia Indah” diselenggarakan setiap tahun sekali secara rutin.

Baca juga: 5 Aktivitas di Contemporary Art Gallery TMII, Bisa Ikut Berkarya

Parade ini, kata Claudia, menjadi wadah kegiatan penampilan bersama dari berbagai provinsi dalam hal olah karya cipta dan penyajian tari nusantara.

"Parade Tari Nusantara Taman Mini Indonesia Indah merupakan kegiatan tingkat nasional yang dirasakan sangat besar manfaatnya," sambung dia.

Claudia melanjutkan bahwa acara ini bisa mengangkat budaya daerah, serta sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan pengembangan seni tari daerah secara nasional. 

Selain berfungsi sebagai media evaluasi dalam hal kreativitas penggarapan atau karya seni tari, Claudia menyebut kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat lebih mempromosikan dan memasyarakatkan tari daerah. 

Tanggal, waktu, dan lokasi Parade Tari Nusantara ke-39

Dengan mengangkat tema "Nusantara," Parade Tari Nusantara tahun ini akan mempersembahkan keindahan dan keunikan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Parade Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Parade Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Setiap tarian akan menjadi cermin dari keberagaman etnis, adat istiadat, dan sejarah yang melekat dalam budaya masyarakat Indonesia," tutur Claudia. 

Acara ini dijadwalkan berlangsung di Sasono Langen Budoyo, TMII, Jakarta Timur, pada hari Minggu, 12 November 2023. Parade akan dimulai dari pukul 09.00 WIB. 

Adapun peserta parade ini merupakan perwakilan dari masing-masing provinsi yang ada di Indonesia.

Baca juga: Kereta Gantung TMII Buka Lagi, Bisa Naik dari Seluruh Stasiun

Materi yang akan ditampilkan adalah tari garapan baru yang berpijak pada tari tradisi daerah atau seni budaya tradisi daerah yang belum pernah ditampilkan dalam event parade/festival/ lomba tari tingkat nasional.

"Mari bersama-sama merayakan kekayaan budaya Indonesia dalam Parade Tari Nusantara ke-39 di TMII," pungkas Claudia. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com