Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 18:50 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memperkirakan konser Coldplay yang akan digelar besok, Rabu (15/11/2023) di Gelora Bung Karno Jakarta akan memberikan dampak terhadap pariwisata, termasuk dari ekonomi penciptaan usaha dan lapangan kerja.

Menurutnya, konser ini juga dikatakan menjadi ajang pembuktian bahwa Indonesia layak untuk menjadi venue konser berskala dunia.

Baca juga: Nonton Konser Coldplay di Jakarta, Mampir ke 8 Wisata Gratis Dekat GBK

Ia memprediksi konser tersebut akan mengundang hingga 80.000 orang dan memberi keuntungan hingga 1.000-1.500 dollar AS dari setiap wisatawan yang datang.

"Sama seperti awal prediksi kami 1.000-1.500 dollar AS per pax. Jadi kalau kami lihat ada total 80.000 atau 60.000 yang kami targetkan untuk penonton, maka kita mungkin bisa melihat angka antara 70 (dollar AS) sampai 75 juta dollar AS," ucap Sandiaga dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (13/11/2023). 

Selain itu, ia juga memprediksi akan ada sekitar 10.000 sampai dengan 15.000 wisatawan yang akan terlibat saat konser Coldplay digelar. 

Baca juga: Jelang MotoGP dan Konser Coldplay, Imigrasi Terbitkan Visa Olahraga dan Musik

Pastikan berjalan lancar

Terkait penolakan oleh beberapa kelompok hingga ancaman membakar panggung, Sandiaga menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar konser Coldplay dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami berkoordinasi dengan aparat penegak hukum, kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar konser ini berjalan dengan nyaman, aman dan menyenangkan," tuturnya. 

Vokalis Coldplay Chris Martin ketika sedang konser.Dokumentasi Tim Komunikasi Lifepal Vokalis Coldplay Chris Martin ketika sedang konser.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa konser tidak dapat ditunda maupun dibatalkan karena sudah lama dinanti-nanti oleh masyarakat. 

"Semua keinginan untuk mengungkapkan pendapat telah terfasilitasi dan tentunya kami hormati, tapi konser ini semua sudah sangat menunggu dan sudah masuk dalam kaidah koridor hukum kita, maka semua pihak kami ajak untuk menyukseskan konser Coldplay," ia menambahkan.

Baca juga: Nonton Konser Coldplay, Cek 10 Hotel Murah Dekat Stasiun MRT Mulai Rp 200.000

Sandiaga juga menyebutkan pihaknya akan memastikan kesiapan konser Coldplay 'Music of the Spheres World Tour' Jakarta agar dapat berjalan dengan lancar. 

"Ini harus kita pastikan, jangan sampai Coldplay yang semua mata tertuju ke Indonesia (mendapat masalah). Kita harus pastikan konser ini akan berlangsung dengan mulus dan tentunya berdampak ke Indonesia serta ekonomi Indonesia," pungkasnya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com