Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 11:43 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - The Lawu Park merupakan obyek wisata yang menawarkan wahana dan penginapan dengan panorama indah di kaki Gunung Lawu, Jawa Tengah. Obyek wisata ini berada di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Tepatnya di Jalan Tawangmangu - Magetan Km 9, Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca juga:

Daerah Tawangmangu memiliki beragam destinasi wisata yang menawarkan panorama indah. Wisatawan bisa mampir ke tempat wisata sekitar Lawu Park saat berkunjung ke sana.

Kompas.com merangkum wisata sekitar The Lawu Park sebagai berikut

1. Embun Lawu

Sekitar 400 meter dari The Lawu Park, wisatawan bisa menjumpai wisata Embun Lawu yang berada di tengah hutan pinus lereng Gunung Lawu. Tepatnya berada di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu, Nomor 16, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Mengutip Tribun Travel, (25/11/2021), obyek wisata ini memiliki 40 spot foto instagramable bertema alam. Beragam aktivitas wisata lainnya di Embun Lawu seperti camping, memberi makan rusa tutul, bermain wahana flying fox, ATV, dan sebagainya.

Embun Lawu juga menyediakan cottage sebanyak 15 unit dengan tarif menginap mulai dari Rp 400.000 per malam. Sementara, tiket masuk Embun Lawu cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per orang.

2. Sakura Hills

Sakura Hills Tawangmangu. Salah satu wisata sekitar The Lawu Park. Instagram @sakurahills_tawangmangu Sakura Hills Tawangmangu. Salah satu wisata sekitar The Lawu Park.

Sakura Hills merupakan salah satu obyek wisata populer di Tawangmangu, yang berjarak sekitar 1,9 kilometer (km) dari The Lawu Park. Tepatnya di Jalan Raya Matesih-Tawangmangu Nomor 16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (3/2/2022), Sakura Hills menawarkan panorama alam Gunung Lawu dengan nuansa tradisional Jepang. Ada beragam wahana menarik seperti Japanese Park, Water Onsen Park, Sakura Park, Supercamp, Forest Canopy Tour, dan sebagainya.

Selain itu, Sakura Hills juga menawarkan penginapan yang Instagramable mulai dari Rp 400.000 per malam. Sementara, harga tiket masuk Sakura Hills adalah Rp 20.000 per orang.

3. Bukit Mongkrang 

Padang rumput ilalang di Bukit Mongkrang Tawangmangu. . Salah satu wisata sekitar The Lawu Park. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Padang rumput ilalang di Bukit Mongkrang Tawangmangu. . Salah satu wisata sekitar The Lawu Park.

Bukit Mongkrang merupakan wisata pendakian di Tawangmangu. Mengutip Kompas.com (9/11/2020), terdapat Bukit Candi I dan II di area pendakian Bukit Mongkrang, sekitar 2,9 km dari The Lawu Park.

Nah, terdapat area datar di kedua puncak tersebut yang bisa dimanfaatkan para pendaki untuk camping.

Pemandangan dari Bukit Candi I dan II pun begitu menawan. Pendaki bisa melihat Gunung Lawu yang menjulang tinggi di sisi utara.

Harga tiket untuk mendaki Bukit Mongkrang cukup terjangkau. Untuk pendakian sehari, tarifnya Rp 10.000 per orang. Jika bermalam atau camping, tarifnya Rp 15.000 per orang.

4. Air Terjun Jumog 

Air Terjun Jumog di Ngargoyoso, Karanganyar. Salah satu wisata sekitar The Lawu Park.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Air Terjun Jumog di Ngargoyoso, Karanganyar. Salah satu wisata sekitar The Lawu Park.

Bagi pencinta wisata alam, sebaiknya tidak melewatkan wisata ke Air Terjun Jumog. Jaraknya dari The Lawu Park sekitar 1,3 km atau hanya dua menit berkendara.

Mengutip Kompas.com (1/3/2019), air terjun ini menampilkan panorama eksotis karena masih asri dan alami. Aliran air terjun berasal langsung dari sumber mata air di Gunung Lawu sehingga terjaga kesegarannya.

Selain menikmati pemandangan air terjun, wisatawan bisa berfoto, berenang di kolam renang atau di bawah aliran air terjun, dan menikmati kuliner di sekitarnya. Lokasinya berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com