Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, 800.000 Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Yogyakarta

Kompas.com - 06/12/2023, 20:03 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan 800.000 wisatawan berkunjung ke destinasi wisata di DIY pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Plh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kurniawan mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan saat libur Nataru dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pada Desember 2021 terdapat 735.000 kunjungan, sedangkan pada Desember 2022 ada 785.000 kunjungan.

Baca juga: Catat, Tarif Parkir Resmi di Yogyakarta Saat Libur Akhir Tahun

"Puncak kunjungan wisatawan di Bulan Juni-Juli dan Desember. Di 2023 ini targetnya 800.000-an (wisatawan), kita berharap ada peningkatan," ujar Kurniawan saat dihubungi awak media, Rabu (6/12/2023).

Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di lantai satu Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Jumat (13/10/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di lantai satu Teras Malioboro 1, Yogyakarta, pada Jumat (13/10/2023).

Terkait persiapan libur Nataru, ia menyampaikan bahwa hal tersebut tidak hanya dilakukan di sektor wisata, tetapi juga di sektor lainnya. 

"Berkaitan dengan Nataru sepertinya persiapan tidak hanya dari sektor wisata saja, sekarang kan juga masa kampanye jadi ada tiga hal selain Natal, tahun baru, juga ada kampanye," jelasnya.

Menurutnya, Dispar DIY juga melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (linmas) mengingat Desember tahun ini berbarengan dengan masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu).

"Pertama, soal momentum agar Desember atau akhir tahun bisa kita jaga pertumbuhan ekonomi stabil dan kontribusi wisatawan juga meningkat, dan puncak kunjungan bisa kita pertahankan seperti tahun sebelumnya," kata Kurniawan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com