Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.000 Turis Asing Disebut Kunjungi Bintan Saat Libur Imlek 2024

Kompas.com - 16/02/2024, 18:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sekitar 5.000 wisatawan mancanegara (wisman) disebut mengunjungi Kabupaten Bintan, Kepulauan Seribu, saat libur Tahun Baru Imlek 2024.

"Libur Imlek 2024 (2575 Kongzili) meningkatkan kunjungan wisman yang datang ke Bintan," tutur Bupati Bintan, Roby Kurniawan, dikutip dari Antara, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Menparekraf Sambut Wisman Pertama 2024 dari Singapura di Bintan

Tercatat ada 4.839 wisman yang memasuki Bintan melalui Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, dari Jumat (9/2/2024) hingga Sabtu (10/2/2024). 

Ia menyampaikan, angka tersebut belum mencakup wisman yang masuk dari pelabuhan lainnya, serta ditambah jumlah kunjungan wisatawan lokal. 

"Perkiraan kami bisa 5.000 wisman, bahkan lebih. Sebagian dari mereka menginap di resort-resort yang ada di Bintan, seperti Lagoi," lanjutnya. 

Baca juga:

Mayoritas berasal dari Singapura dan Malaysia

Pulau Ranoh Shutterstock Pulau Ranoh

Sebagian besar wisman yang berkunjung ke Bintan saat libur Tahun Baru Imlek 2024, tambah Roby, berasal dari Singapura dan Malaysia.

Hal ini lantaran kedua negara tersebut lokasinya berdekatan dengan Pulau Bintan. Mereka tinggal naik kapal laut kira-kira satu jam. 

Tidak hanya itu, wisman dari Singapura dan Malaysia juga tercatat paling banyak ke Bintan sepanjang tahun 2023. 

Ia pun optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Bintan akan mengalami kenaikan tahun ini, setelah terkena efek pandemi Covid-19. 

Adapun pada tahun 2023, jumlah kunjungan wisman ke kabupaten tersebut berada di urutan kedua terbanyak se-Kepulauan Riau, setelah Batam. Jumlahnya yaitu 222.118 orang.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com