BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

5 Spot Wisata dengan Pemandangan Luar Biasa di Bintan

Kompas.com - 17/11/2021, 17:31 WIB
Lanskap Bintan di atas (Indonesia Travel) Indonesia TravelLanskap Bintan di atas (Indonesia Travel)
|

KOMPAS.com – Lokasi geografis yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia membuat Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), sering dikunjungi oleh turis mancanegara. Utamanya, dari kedua negara tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bintan, sebanyak 40.479 wisatawan mancanegara berlibur ke sana pada Januari 2019. Angka ini melonjak dari Januari 2018 yang hanya mencatatkan 26.993 wisatawan mancanegara.

Nama Bintan semakin tenar di telinga wisatawan dunia setelah berbagai turnamen olahraga bertaraf internasional digelar di sini. Sebut saja, maraton, triathlon, bersepeda, renang, dan golf.

Melihat popularitas tersebut, tak ada salahnya memasukkan Bintan sebagai tujuan liburan. Apalagi, jika kamu belum pernah ke sana sama sekali.

Untuk melihat betapa indahnya alam Bintan atau mencari tahu informasi destinasi wisata lain di Indonesia, ikuti Instagram @pesonaid_travel.

Sebagai informasi, pemerintah telah membuka kembali pintu pariwisata Kepri. Berbagai penerbangan dan pelayaran dari luar negeri sudah diizinkan masuk ke provinsi itu. Keputusan ini diambil lantaran situasi pandemi covid-19 berangsur terkendali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merujuk laporan laman vaksin.kemkes.go.id per Selasa (16/11/2021), capaian vaksinasi Covid-19 di Kepri telah menyentuh angka 92 persen untuk dosis pertama dan 72,5 persen untuk dosis kedua.

Baca juga: 5 Itinerari Wajib Saat Pelesiran ke Wakatobi

Selain itu, ratusan spot wisata di sana, termasuk di Bintan, sudah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebagai informasi, CHSE diberikan kepada pelaku industri pariwisata, seperti hotel, restoran, dan wahana rekreasi yang mampu memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan kepada wisatawan.

Guna mendukung sektor pariwisata di Kepri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pihaknya akan menerapkan travel bubble atau gelembung perjalanan dalam membuka pariwisata Bintan.

Sebagai informasi, travel bubble dapat diimplementasikan manakala dua atau lebih negara yang sukses mengontrol virus corona sepakat menciptakan sebuah gelembung perjalanan. Gelembung ini akan memudahkan penduduk yang tinggal di dalamnya bermobilitas secara bebas tanpa harus karantina mandiri.

Nah, berikut lima destinasi wisata dengan pemandangan luar biasa di Bintan. Simpan saja dulu untuk referensi liburan nanti.

Baca juga: Eksplorasi Misool, Surga Dunia di Timur Indonesia

Gurun Pasir Burung dengan telaga birunya yang memukau.Dok. Indonesia Travel Gurun Pasir Burung dengan telaga birunya yang memukau.

1. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung terletak sekitar 50 kilometer (km) dari Tanjung Pinang. Destinasi ini dapat ditempuh dengan berkendara dari Tanjung Uban sekitar 15 menit.

Setiba di lokasi, pengunjung akan disambut hamparan pasir putih mirip gurun di Timur Tengah. Luasnya sendiri mencapai 6.000 hektare (ha).

Saat cuaca cerah dan matahari tengah terik-teriknya, Gurun Pasir Busung tampak begitu menarik. Terlebih, di area itu terdapat sejumlah telaga biru. Pemandangan kontras nan cantik ini banyak mengundang orang untuk berfoto.

Untuk diketahui, dahulu, Gurun Pasir Busung merupakan bekas tambang pasir bauksit. Operasional penambangan berhenti pada pemerintahan Presiden Soeharto.

Setelah puas berkeliling dan berfoto di gurun, pengunjung bisa melepas lelah sambil menikmati sajian es kelapa muda yang dijual di kedai sekitar Gurun Pasir Busung.

Mengingat cuaca di obyek wisata ini panas, jangan lupa gunakan tabir surya dan bawa alat pelindung, seperti topi dan kacamata hitam.

Baca juga: Mengenal Noken, Tas Tradisional Papua Warisan Budaya UNESCO yang Jadi Suvenir PON XX

Pantai Senggiling.Indonesia Travel Pantai Senggiling.

2. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling belum setenar Pantai Lagoi dan Pantai Trikora. Meski begitu, pesonanya tak kalah dengan kedua pantai tersebut.

Alam Pantai Senggiling seolah tak bercela. Pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai membuat suasana di sana terasa begitu asri. Hamparan pasir putih, barisan batu granit, dan birunya air laut menambah kesempurnaan panorama pantai tersebut.

Untuk mencapai Pantai Senggiling, wisatawan harus menempuh jarak 45 km dari Tanjung Pinang atau sekitar 1 jam dengan berkendara.

Akses menuju lokasi terbilang sulit karena harus melalui jalan berliku dan mendaki. Malahan, wisatawan harus melewati permukiman penduduk. Meski begitu, lelah selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan pantai tersebut.

Baca juga: Menelusuri Kemolekan Wakatobi, mulai dari Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, hingga Binongko

Pulau Beralas Pasir.Indonesia Travel Pulau Beralas Pasir.

3. Pulau Beralas Pasir

Jika tujuan berlibur ke Bintan untuk mencari ketenangan, cobalah berkunjung dan bermalam di Pulau Beralas Pasir. Pasalnya, pulau yang berada di Teluk Bakau ini tidak berpenghuni.

Meski begitu, penginapan sudah tersedia di sana. Opsi lain, wisatawan bisa mendirikan tenda di area-area yang sudah ditentukan. Berkemah di bawah langit berbintang ditemani deburan ombak bakal membuat pengalaman berlibur semakin berkesan.

Pulau Beralas Pasir bisa diakses dari Pos Pulau Pasir Putih. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal cepat. Ongkosnya berkisar Rp 150.000 untuk perjalanan pergi-pulang.

Mengingat pulau tersebut tidak berpenghuni, wisatawan dianjurkan membawa perbekalan makanan sendiri. Selain itu, jangan lupa menjaga kebersihan. Sampah yang dihasilkan juga wajib dibawa pulang agar tidak mengotori pulau tersebut.

Baca juga: Mengintip Pesona Desa Penglipuran di Bali, Desa Terbersih Ketiga di Dunia

Kompleks tiga kelenteng yang dipercaya sebagai kelenteng tertua di Senggarang.KOMPAS.com/SYIFA NURI KHAIRUNNISA Kompleks tiga kelenteng yang dipercaya sebagai kelenteng tertua di Senggarang.

4. Desa Senggarang dan Sebung

Bagi wisatawan yang ingin menyelami kearifan lokal masyarakat Bintan, jangan lupa berkunjung ke Desa Senggarang dan Sebung.

Di Desa Senggarang, wisatawan bisa merasakan kentalnya perpaduan budaya Nusantara dan China. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan kuil dan patung-patung Buddha.

Berbeda dengan Desa Senggarang, di Desa Sebung, wisatawan dapat menyaksikan aktivitas masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan. Karena itu pula, berbagai hidangan laut menggugah selera bisa ditemukan di desa ini. Bahkan, olahan makanan laut di desa ini merupakan yang terbaik di Bintan.

Selain itu, sempatkan juga menyantap hidangan laut di restoran apung atau yang sering disebut Kelong. Sambil menikmati santapan lezat, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan bakau yang menakjubkan.

Selain itu, sempatkan juga menyantap hidangan laut di restoran apung atau yang sering disebut Kelong. Sambil menikmati santapan lezat, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan bakau yang menakjubkan.

Baca juga: Sederet Pengalaman Seru Berwisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Treasure Bay .Dok. Indonesia Travel Treasure Bay .

 

5. Treasure Bay

Ingin bersenang-senang di wahana air? Berkunjunglah ke Treasure Bay yang dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Tanjung Pinang. Aneka wahana air dan darat tersedia di sini.

Berbeda dengan wahana air di tempat lain, Treasure Bay memiliki kolam renang air asin raksasa terbesar di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 6,3 ha dengan panjang 800 m. Ukuran ini setara dengan 50 kolam renang untuk ukuran Olimpiade. Daya tampung airnya mencapai 115 juta kubik dengan kedalaman hingga 2,5 m.

Jika dilihat dari atas, kolam renang di Treasure Bay tampak seperti pantai. Bagian tepi kolam didesain landai miring ke bawah hingga ke tengah. Tepian kolam renang yang terlihat seperti pasir putih sebenarnya adalah fiber.

Baca juga: Akhir Tahun, Waktu yang Tepat Berkunjung ke Taman Nasional dan Kebun Raya di Bali

Itulah lima rekomendasi destinasi wisata di Bintan yang bisa kamu datangi.

Namun, sebelum berlibur, pastikan kamu sudah divaksin. Sebab, selain melindungi diri dan orang terdekat dari Covid-19, vaksinasi juga menjadi syarat utama untuk bepergian di #DiIndonesiaAja.

Bukan itu saja, protokol kesehatan (prokes) 6M yang berlaku selama bepergian juga wajib kamu patuhi demi keamanan bersama. Protokol ini terdiri dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Sebagai destinasi wisata #DiIndonesiaAja, Bintan memiliki berbagai produk ekonomi kreatif (ekraf) dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMK) yang bisa dijadikan buah tangan untuk orang tersayang. Sebut saja, kerupuk gonggong, bingka pandan, bilis gulung, deram-deram, batik Bintan, dan kerajinan tangan berbahan daun pandan.

Baca juga: Masyarakat Desa di Bali Ini Punya Tradisi Rutin Mengenang Jasa Pahlawan

Kalau belum sempat membeli secara langsung, kamu masih mendapatkannya melalui platform #BeliKreatifLokal.

Perlu diketahui, dengan membeli produk ekraf setempat, kamu secara tidak langsung telah berkontribusi membantu pemulihan perekonomian.

Saat ini, Kemenparekraf sedang menggelar program Pesona Punya Kuis (PUKIS) dengan total hadiah senilai jutaan rupiah.

Persyaratan untuk mengikuti kuis tersebut tidaklah sulit. Peserta hanya perlu menjawab pertanyaan yang diberikan di akun Instagram @pesonaid_travel dan tag tiga orang teman.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Festival Tanjung Waka 2021 di Kepulauan Sula Bakal Digelar pada 18 Desember

Festival Tanjung Waka 2021 di Kepulauan Sula Bakal Digelar pada 18 Desember

Travel Update
8 Tips Naik Pesawat Bersama Anak agar Tetap Aman dan Nyaman 

8 Tips Naik Pesawat Bersama Anak agar Tetap Aman dan Nyaman 

Travel Tips
Pameran Harry Potter Bakal Diadakan di Sejumlah Negara Tahun 2022

Pameran Harry Potter Bakal Diadakan di Sejumlah Negara Tahun 2022

Travel Update
Daftar 5 Desa Wisata Maju Terbaik versi ADWI 2021, Ada Desa Wisata Ngilngof

Daftar 5 Desa Wisata Maju Terbaik versi ADWI 2021, Ada Desa Wisata Ngilngof

Jalan Jalan
Pesona 5 Desa Wisata Rintisan Terbaik Versi ADWI 2021

Pesona 5 Desa Wisata Rintisan Terbaik Versi ADWI 2021

Jalan Jalan
Jepang Tambah 4 Negara yang Masuk Aturan Ketat Karantina

Jepang Tambah 4 Negara yang Masuk Aturan Ketat Karantina

Travel Update
Waktu Terbaik Berburu Tiket Pesawat dan Hotel Murah, Simak agar Hemat

Waktu Terbaik Berburu Tiket Pesawat dan Hotel Murah, Simak agar Hemat

Travel Tips
Cara dan Tips Mengisi eHAC Lewat PeduliLindungi Sebagai Syarat Wajib Perjalanan

Cara dan Tips Mengisi eHAC Lewat PeduliLindungi Sebagai Syarat Wajib Perjalanan

Travel Tips
5 Cara Mencegah Penyebaran Varian Baru Covid-19 Omicron Saat Traveling

5 Cara Mencegah Penyebaran Varian Baru Covid-19 Omicron Saat Traveling

Travel Tips
 Jerman Hapus Thailand dari Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19

Jerman Hapus Thailand dari Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19

Travel Update
Stasiun LRT Ampera di Palembang Terapkan Pembayaran Non-tunai

Stasiun LRT Ampera di Palembang Terapkan Pembayaran Non-tunai

Travel Update
9 Tempat Paling Kotor dan Penuh Kuman di Hotel yang Sering Digunakan Tamu 

9 Tempat Paling Kotor dan Penuh Kuman di Hotel yang Sering Digunakan Tamu 

Travel Tips
Somerset Sudirman Resmi Dibuka, Harga Kamar Mulai Rp 700.000

Somerset Sudirman Resmi Dibuka, Harga Kamar Mulai Rp 700.000

Travel Update
Kesejukan Telaga Kemuning di Tengah Hutan Bunder Gunungkidul

Kesejukan Telaga Kemuning di Tengah Hutan Bunder Gunungkidul

Jalan Jalan
Wings Air Buka Rute Manado-Balikpapan PP, Harganya Rp 1,4 Jutaan

Wings Air Buka Rute Manado-Balikpapan PP, Harganya Rp 1,4 Jutaan

Travel Promo
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.