Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Maret 2024, KAI Uji Coba Stasiun Rawa Buaya untuk Kereta Bandara

Kompas.com - 01/03/2024, 08:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan uji coba operasional Stasiun Rawa Buaya untuk pemberhentian perjalanan Commuter Line Bandara Soekarno Hatta mulai 1 Maret 2024.

"Penambahan pemberhentian stasiun ini diharapkan Commuter line Bandara Soekarno Hata bisa menjadi alternatif pilihan transportasi lain bagi masyarakat di sekitar wilayah Tangerang untuk mobilisasi ke bandara," kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam siaran resmi, Kamis (29/2/2024).

Tidak hanya itu, hadirnya layanan kereta bandara di Stasiun Rawa Buaya juga diharapkan dapat mempermudah mobilisasi dari Tangerang menuju wilayah pusat perkantoran sekitar Sudirman dan Manggarai.

Baca juga: Beda Kereta Bandara Soekarno-Hatta Premium dan Eksekutif, Jangan Salah

Selama masa uji coba ini, KAI akan melakukan penyesuaian jadwal keberangkatan dan kedatangan perjalanan kereta bandara di Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Penyesuaian tersebut lebih cepat sekitar tiga sampai empat menit untuk tiba di Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Tarif promo KA Bandara dari Stasiun Rawa Buaya

Tidak hanya itu, KAI juga akan memberikan tarif promo bagi calon penumpang yang naik kereta bandara dari Stasiun Rawabuaya menuju stasiun kereta bandara lainnya.

Adapun tarif kereta bandara dari Stasiun Rawa Buaya menuju Stasiun BNI City dan Stasiun Manggarai ataupun sebaliknya yakni Rp 15.000.

Tarif kereta bandara dari Stasiun Rawa Buaya menuju Stasiun Bandara Soekarno Hatta ataupun sebaliknya yakni sebesar Rp 25.000.

Baca juga: 7 Cara Bayar Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Pakai Apa Saja?

Sementara tarif kereta bandara dari Stasiun Rawa Buaya menuju Stasiun Duri maupun sebaliknya, dibanderol seharga Rp 10.000.

"Pengaturan jalur pemberangkatan kereta bandara menuju Stasiun BNI City atau Stasiun Manggarai akan dilayani di jalur 2 stasiun," kata Anne.

Sedangkan pemberangkatan kereta bandara tujuan Stasiun Bandara Soekarno Hatta akan dilayani di jalur 3 stasiun.

Jadwal kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta terbaru. Syarat dan ketentuan kereta Bandara Soekarno-Hatta terbaru.Dok. KAI Bandara Jadwal kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta terbaru. Syarat dan ketentuan kereta Bandara Soekarno-Hatta terbaru.

Anne mengatakan, dengan melayani sebanyak 56 perjalanan setiap hari, diprediksi Stasiun Rawabuaya akan melayani pengguna kereta bandara sebanyak 1.029 orang perharinya.

Sebagai informasi, KAI Commuter juga akan menambah fasilitas layanan berupa kursi di area tunggu pemberangkatan kereta bandara, serta pemutakhiran gate elektronik di Stasiun Rawabuaya.

Sehingga nantinya, KAI Commuter bisa melayani transaksi kartu multi trip (KMT) maupun tiket kereta bandara.

Baca juga: 4 Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, di Mana Saja?

Selain itu, KAI secara bertahap akan menambahkan fasilitas layanan lainnya seperti penambahan toilet, parkir sepeda, kipas angin dan penambahan fasilitas dispenser air minum gratis.

"KAI Commuter mengimbau dengan penyesuaian ini, para pengguna Commuter Line Bandara Soetta dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanannya sesuai dengan jadwal yang berlaku," pungkas Anne.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com