Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Hotel Bintang 5 di IKN Ditargetkan Rampung Sebelum 17 Agustus

Kompas.com - 14/03/2024, 19:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan pembangunan hotel bintang lima di Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai sebelum 17 Agustus 2024, tepatnya Sabtu (17/8/2024).

"Kita harapkan komitmen juga bahwa sebelum Agustus 2024, perayaan dari hari kemerdekaan kita maka kita telah memiliki hotel bintang lima di IKN," kata Sandiaga di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Baca juga:

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (17/2/2024), Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga memperkirakan, proyek garapan swasta yang akan rampung pada 17 Agustus 2024 adalah Hotel Nusantara.

"Kayaknya Hotel Nusantara kalau saya lihat dari progres yang ada ya," kata Danis, Jumat (16/2/2024).

Sementara itu, per Januari 2024 progres pembangunan hotel bintang lima di IKN sudah mencapai 30 persen.

"Lima hotel bintang lima sedang dibangun, termasuk Hotel Nusantara, sudah 30 persen progresnya, " kata Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan pemberdayaan masyarakat, Alimuddin dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).

Baca juga:

Ada enam hotel yang dibangun di IKN

Ilustrasi hotel.Unsplash/Marten Bjork Ilustrasi hotel.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada pertengahan Januari 2024 lalu menyebutkan, sudah ada enam hotel yang tengah dibangun di IKN.

Jokowi menyampaikannya saat melaksanakan groundbreaking (peletakan batu pertama) Jambuluwuk Nusantara Hotel, Rabu (17/01/2024).

"Hotel Jambuluwuk dan Resort ini adalah yang keenam, ini sudah (hotel) yang keenam," ujar Jokowi, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Dengan demikian, hotel besutan Jambuluwuk Ini akan menambah jumlah hotel yang beroperasi di IKN dan menambah ketersediaan kamar hotel.

Beberapa hotel tersebut yaitu Hotel Nusantara, Hotel Vasanta, Four Points Hotel by Sheraton, Nusantara Superblock, dan Hotel BSH Qubika.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com