Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Seharian di Kawasan IKN, Bisa ke Mana Saja?

Kompas.com - 07/10/2023, 09:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), memang belum rampung dibangun saat ini. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa berkunjung untuk melihat kondisi di sana.

Jika punya kesempatan datang ke Kalimantan Timur, tidak ada salahnya kamu berkunjung ke kawasan yang akan menjadi rumah baru ibu kota ini. Di sekitar sana juga ada beberapa destinasi wisata alam yang punya daya tarik tersendiri.

Beberapa waktu lalu Kompas.com berkesempatan berkunjung langsung seharian ke kawasan IKN.

Itinerary seharian di IKN

Jika kamu masih awam dengan kondisi di sana, itinerary berikut mungkin bisa jadi salah satu referensi sebelum datang ke IKN.

Penginapan di Balikpapan

Kawasan IKN berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penaja Paser Utara, Kalimantan Timur. Jika datang menggunakan jalur udara, kamu bisa mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Mengingat di kawasan IKN belum ada hotel, dan perjalanan menuju IKN dari bandara memakan waktu lebih dari dua jam perjalanan. Sebaiknya kamu menginap di hotel dekat bandara, dan memulai petualangan seharian di IKN esok pagi.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat IKN Nusantara, Ada Goa Tapak Raja

Saat Kompas.com ke IKN, Kompas.com menginap di Swiss-Belhotel Balikpapan. Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menuju Titik Nol Nusantara

Destinasi pertama yang bisa dikunjungi di IKN yaitu Titik Nol Nusantara. Perjalanan menuju Titik Nol Nusantara sebaiknya dimulai pada pagi hari sekitar pukul 06.00 Wita.

Pasalnya, dari Swiss-Belhotel Balikpapan ke Titik Nol membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Kawasan Titik Nol juga terasa terik, apalagi bila dikunjungi lewat dari pukul 10.00 Wita.

Titik Nol Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (3/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Titik Nol Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (3/10/2023).

Jika berangkat lebih awal, setidaknya kamu tidak merasakan terik menyengat saat sampai di lokasi.

Saat ini belum tersedia transportasi umum untuk perjalanan pergi pulang dari Balikpapan menuju kawasan IKN. Cara lainnya, bisa menyewa kendaraan atau menyewa agen perjalanan lokal.

Baca juga: IKN Nusantara Juga Dikembangkan untuk Wisata, Lahan Hijau Tidak Dikurangi

Di Titik Nol, usahakan pakailah pakaian yang menyerap keringat, serta memakai penutup kepala.

Lihat Goa Tapak Raja

Setelah dari Titik Nol, kamu bisa bertolak ke destinasi kedua yaitu Goa Tapak Raja. Lokasinya di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Perjalanan dari Titik Nol menuju Goa Tapak Raja yakni sekitar satu jam. Jika merasa lapar, di sepanjang perjalanan menuju Goa Tapak Raja cukup mudah ditemukan warung makan.

Goa Tapak Raja, Selasa (3/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Goa Tapak Raja, Selasa (3/10/2023).

Kamu bisa mampir ke salah satu gerai makanan untuk mengisi perut sejenak. Setibanya di Goa Tapak Raja, kamu bisa melihat goa dan stalaktit yang bentuknya seperti kaki manusia.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com