Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumber Nyolo, Pemandian Air di Malang Konon Bikin Awet Muda

Kompas.com - 25/03/2024, 08:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang berada di Malang dan sekitarnya? Kamu bisa mampir ke Pemandian Sumber Nyolo yang ada di daerah Karangploso, Malang, Jawa Timur sebagai tempat wisata air saat libur lebaran. 

Dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, konon pemandian air jernih ini bisa membuat siapapun yang mandi di sana akan awet muda.

Yuk, ketahui lebih banyak seputar pemandia air Sumber Nyolo Malang berikut ini.

Baca juga:

Daya tarik Sumber Nyolo

Sumber Nyolo memiliki asal mula nama Nyolo yang berarti menyala. Ini merujuk pada semangat yang menyala dalam diri para prajurit Singasari, konon pernah bersemedi di pemandian tersebut.

Di sisi lain, Sumber Nyolo ini sendiri di sudah ada sejak 1985 kemudian pada tahun 2009 dijadikan masyarakat sebagai wisata religi dan berkembang menjadi tempat wisata air umum pada tahun 2017.

Setahun kemudian, warga bergotong royong untuk membuat kolam air pemandian agar lebih mudah digunakan sebagai berenang atau sekedar berendam.

Sumber air di Malang yang satu ini berada di kelilingi pepohonan yang membuat udaranya terasa segar, jadi betah lama berendam. Ada kolam anak-anak dengan kedalaman kurang dari 1 meter, sementara kolam orang dewasa sekitar 1,2 hingga 1,9 meter dalamnya.

Fasilitas yang ada di Sumber Nyolo tergolong lengkap dengan gazebo, kamar mandi, hingga warung makan untuk mengisi perut seusai berendam.

Ilustrasi Sumber Nyolo Malang.DOK.MATIC (Malang Kabupaten Tourism Intelligence Center) Ilustrasi Sumber Nyolo Malang.

Harga tiket masuk Sumber Nyolo

Tiket masuk Sumber Nyolo gratis untuk siapa saja. Namun, pengunjung perlu bayar parkir sesuai dengan kendaraan yang dibawa. Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi Sumber Nyolo

Sumber Nyolo berada di sebuah desa Mojosari Glugur, Ngenep, Langlang, Karangploso, Kabupaten Malang. Buka setiap hari dengan jam buka hingga 24 jam.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com