Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umbul Brintik Klaten, Serunya Berendam Sambil Terapi

Kompas.com - 26/03/2024, 09:38 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang merencanakan liburan Lebaran di Klaten, Jawa Tengah? Coba mampir ke Umbul Brintik.

Tempat wisata populer di Klaten yang satu ini menawarkan pengalaman bermain air sambil terapi kesehatan. Obyek wisata ini juga cukup mudah dijangkau dari Kota Klaten, hanya berjarak sekitar lima kilometer saja.

Simak lebih banyak seputar Umbul Brintik,

Baca juga:

Daya tarik Umbul Brintik

Umbul Brintik adalah tempat wisata air di Klaten yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal. Dilansir dari laman resmi, Provinsi Jawa Tengah, Umbul Brintik menawarkan 11 jernis terapi dan 9 perawatan yang dikerjakan oleh siswa SMK Kesehatan.

Salah satu terapi yang ditawarkan adalah terapi hidro yoga meditasi yang mana dikatakan bisa mengurangi stres dalam diri.

Keunggulan lain yang ditawarkan di Umbul Brintik adalah kadar pH dan oksigen dalam airnya yang cukup tinggi. Bahkan kadar pH mencapai angka 7,5-8,2.

Di kolam khusus terapi, ada batuan andesit yang dijadikan dasar kolam dengan kedalaman hingga 150 sentimeter.

Ilustrasi salah satu kolam di Umbul Brintik, Klaten, Jawa Tengah DOK.jatengprov.go.id Ilustrasi salah satu kolam di Umbul Brintik, Klaten, Jawa Tengah

Selain menyediakan kolam khusus terapi, ada juga kolam non terapi yang memisahkan antara perempuan dan laki-laki. Ada juga kolam untuk anak-anak dengan keramik yang membuatnya lebih modern.

Selama berendam atau bermain air, pengujung juga bisa merasakan sejuk dan segarnya udara di Gunung Merapi yang menawan dari kejauhan.

Fasilitas yang ditawarkan di Umbul Brintik juga cukup lengkap, seperti kamar mandi, mushola, dan sederet warung makan untuk mengisi perut seusai terapi di sana.

Tertarik untuk coba ke Umbul Brintik Klaten? Coba mampir ke Brintik, Malangjiwan, Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Buka dari pukul 05.00-17.00 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com