Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Gelar Mudik Gratis Jakarta-Semarang untuk 2 April 2024, Ada 480 Tiket

Kompas.com - 26/03/2024, 07:55 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS. com - PT Kereta Api Indonesia menggelar mudik gratis untuk keberangkatan 2 April 2024. Tersedia kuota tiket sebanyak 480 untuk KA Tawangjaya Premium kelas Ekonomi jurusan Pasarsenen-Semarang Tawang Bank Jateng.

"Mudik gratis ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program Mudik Asyik BUMN Tahun 2024 yang merupakan agenda rutin BUMN. Sebagai wujud komitmen BUMN untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia."

Pernyataan tersebut disampaikan oleh VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran resmi, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Motor Ditinggal Mudik, Sebaiknya Tangki BBM Jangan Diisi Penuh

Mudik gratis KAI ini terbuka untuk umum dengan syarat punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tercatat dalam Kartu Keluarga yang masih berlaku.

Pendaftaran mudik gratis KAI dibuka mulai 25 Maret sampai 26 Maret 2024 di Stasiun Pasarsenen pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

"Pemesanan tiket mudik gratis KAI juga bisa dilakukan secara daring tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, " kata Joni.

Cara daftar mudik gratis kereta Jakarta-Semarang

Caranya, masyarakat dapat mendaftar lewat aplikasi Access by KAI mulai hari ini, Selasa (26/3/2024) pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol di Aplikasi Google Maps untuk Mudik Lebaran 2024

Pemesanan tiket mudik gratis KAI secara daring dilakukan dengan cara memilih relasi Pasarsenen-Semarang Tawang Bank Jateng atau relasi parsial di antara kedua stasiun tersebut.

Ilustrasi kereta api. Dok. PT KAI Daop 1 Jakarta Ilustrasi kereta api.

Tiket mudik gratis KAI ini dibatasi, satu orang hanya boleh memesan maksimal empat tiket, dan satu orang penumpang mudik boleh membawa satu orang infant (bayi berusia di bawah tiga tahun).

Penumpang infant tidak akan mengurangi kuota peserta, tetapi tidak mendapatkan nomor tempat duduk. Sementara itu, untuk proses check-in dan boarding dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Tarif Bus DAMRI Jakarta-Lampung Jelang Mudik 2024

"Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan mudik gratis ini agar daoatt semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mudik Lebaran dengan kereta api. Sehingga kereta api tetap menjadi pilihan utama perjalanan mudik masyarakat dengan ceria dan penuh makna, " tutup Joni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com