Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Sumbang Wisatawan Terbanyak ke Singapura Sepanjang 2023

Kompas.com - 28/03/2024, 08:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 2,3 juta wisatawan asal Indonesia berkunjung ke Singapura sepanjang 2023.

Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penyumbang turis terbanyak di pasar Singapura.

"Sepanjang tahun 2023 ada sebanyak 2,3 juta wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura. Indonesia adalah target utama pasar kami," kata Executive Director Southeast Asia Internasional Group, Singapore Tourism Board, Terrence Voon saat ditemui di Fairmont Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Pariwisata Singapura pada 2023 Pulih 74 Persen Pascapandemi

Dalam kesempatan yang sama, Area Director Singapore Tourism Board Jakarta, Hafez Marican mengatakan, tiga daerah di Indonesia yang menjadi penyumbang terbanyak turis ke Singapura berasal dari Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau.

"Jumlah turis Indonesia yang dihitung ke Singapura tersebut merupakan turis yang berkunjung ke Singapura, tidak termasuk turis yang transit," kata Hafez, Selasa.

Selain Indonesia, dua negara berikutnya yang turut menyumbang turis terbanyak ke Singapura yaitu, China sebanyak 1,4 juta turis dan Malaysia sebanyak 1,1 juta turis.

Ilustrasi Buddha Tooth Relic Temple atau Kuil Relik Gigi Buddha di kawasan Chinatown, Singapura.Dok. Unsplash/Tamal Mukhopadhyay Ilustrasi Buddha Tooth Relic Temple atau Kuil Relik Gigi Buddha di kawasan Chinatown, Singapura.

Adapun pasar utama lainnya yang tercatat pulih berkunjung ke Singapura yaitu Australia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Baca juga: 8 Tips Wisata Hemat ke Singapura, Manfaatkan Fasilitas Umum

Melihat kondisi ini, disampaikan bahwa kondisi pariwisata di Singapura sudah pulih hingga 74 persen pascapandemi Covid 19 pada 2019.

Sementara itu, berdasarkan siaran resmi Singapore Tourism Board. secara keseluruhan total turis asing yang berkunjung ke Singapura sepanjang 2023 tercatat sebanyak 13,6 juta.

“Kinerja yang kuat pada tahun 2023 menandakan pemulihan pariwisata yang menjanjikan. Sejalan dengan peningkatan kapasitas penerbangan dan pertumbuhan permintaan perjalanan internasional."

Baca juga: Ada Kereta Gantung Bertema Pokemon di Singapura, Cek Tarifnya

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Chief Executive Singapore Tourism Board, Melissa Ow dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa.

"Untuk tahun 2024, kami harapkan pariwisata Singapura bisa pulih, dan wisatawan yang datang lebih banyak dari tahun sebelumnya," kata Hafez.

Baca juga: Singapura Targetkan Kunjungan Turis Indonesia dari Luar Jakarta

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com