Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berseluncur di Gumuk Pasir Parangkusumo

Kompas.com - 26/08/2015, 08:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANTUL, KOMPAS.com - Berseluncur di gumuk pasir Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dapat menjadi alternatif bagi para wisatawan ketika mengunjungi Yogyakarta. Pasalnya, di Parangkusumo memiliki bentukan bukit pasir dengan berbagai kemiringan yang dapat digunakan untuk berseluncur (sandboarding).

"Banyak wisatawan datang untuk mengunjungi berbagai atraksi budaya seperti bangunan bersejarah, desa wisata. Gumuk pasir di Parangkusumo bisa jadi alternatif daerah tujuan wisata minat khusus," kata salah satu pemandu sandboarding di Yogyakarta, Muhammad Fadil Ramadhan kepada KompasTravel di Bantul, Minggu (23/8/2015).

Fadil yang juga anggota Mapagama Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengatakan jika dibandingkan daerah tujuan wisata minat khusus lain, sandboarding di parangkusumo relatif lebih ramah lingkungan. Selain itu, segala kalangan dapat mencoba permainan berseluncur di pasir ini.

"Olahraga ini tidaklah ekstrem dan relatif aman, tua hingga muda bisa melakukan," lanjut Fadil.

Pantauan KompasTravel, di gumuk pasir Parangkusumo terdapat puluhan wisatawan yang bermain sandboarding. Selain itu, para wisatawan juga mengambil foto kegiatan sandboarding. Anak-anak, remaja, dan dewasa turut mencoba permainan berseluncur di pasir ini.

Wisatawan yang hendak mencoba sandboarding dikenakan biaya Rp 125.000, sudah termasuk pemandu dan perlengkapan seperti helm, hand protector, dan knee protector. Gumuk pasir Parangkusumo terletak sekitar 40 kilometer dari Malioboro, Yogyakarta. Dari gumuk pasir, wisatawan dapat melihat pemandangan Pantai Parangkusumo dan juga menikmati matahari tenggelam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com