Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend" Bakal Macet, 5 Tips Agar Tidak Telat ke Bandara

Kompas.com - 04/05/2016, 21:05 WIB

KOMPAS.com – Jika Anda tinggal di kota besar dan hendak ke luar kota atau negeri untuk berlibur long weekend ini, ada baiknya Anda pertimbangkan banyak hal agar Anda tak telat datang ke bandara.

Sebagian besar kota-kota besar di Indonesia memiliki bandara yang jauh dari pusat kota. Jalanan menuju bandara sudah dipastikan akan macet. Bahkan kemacetan pun biasanya juga terjadi di dalam lingkungan bandara. Simak tips ini agar Anda tidak telat datang ke bandara.

Unduh aplikasi mobile PT Angkasa Pura II

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui jadwal penerbangan beserta status real time, informasi toko dan restoran di dalam bandara, informasi transportasi ke bandara, hingga informasi lalu lintas.

Ketahui terminal keberangkatan

Penting agar Anda tahu terminal keberangkatan pesawat Anda. Sehingga tidak memakan waktu mencari-cari lokasi terminal yang dituju.

Berangkat lebih awal

Tambahkan 1-2 jam waktu Anda dari biasanya. Jadi jika Anda biasanya ke bandara memerlukan waktu satu jam dari tempat tinggal, maka di musim liburan, berangkatlah dua jam lebih awal.

Hal ini berlaku walau Anda berangkat di penerbangan pagi sekalipun. Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di jalan. Walau perjalanan menuju bandara sepi jika berangkat subuh, namun di lingkungan bandara biasanya sudah padat.

Cek kondisi jalan

Pantau terus kondisi jalan menuju bandara. Sehingga Anda bisa mengetimasi waktu yang diperlukan menuju bandara.

Gunakan transportasi umum

Usahakan menggunakan transportasi umum misalnya seperti damri dan kereta. Penggunaan kendaraan pribadi hanya akan memakan waktu untuk antrean menurunkan penumpang maupun mencari parkir.

Jika Anda pergi sendiri, bisa gunakan ojek hingga bandara. Bisa juga naik ojek hingga titik terjauh yang bisa dijangkau ojek sebelum Anda naik taksi masuk tol.

Alokasikan waktu tiba hingga boarding

Pastikan Anda tahu aturan boarding dan check-in. Jadi, Anda harus tiba minimal 1-2 jam sebelum boarding. Loket check-in biasanya sudah dibuka satu sampai dua jam sebelum waktu boarding.

Namun alokasikan waktu satu jam lagi sebelum batas waktu akhir check-in. Sebab, akan ada antrean panjang saat pemeriksaan bagasi, atrean check-in, maupun antrean mengurus bagasi.

Menginap di bandara

Biasanya ada banyak hotel di seputaran bandara. Anda bisa menginap di hotel-hotel terdekat dengan bandara dan manfaatkan fasilitas shuttle bus yang biasanya dimiliki hotel dekat bandara. Pilihan lain adalah menginap di hotel transit yang memang ada di dalam bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com