Tips Menjaga Anak Bermain di Pantai - Kompas.com

Tips Menjaga Anak Bermain di Pantai

Kompas.com - 11/11/2014, 20:02 WIB
Shutterstock Liburan bersama si kecil di pantai.

BAGI anak-anak bermain di pantai amatlah menyenangkan. Berenang atau bermain-main pasir dan air bisa membuat mereka betah berlama-lama. Apa saja tips menjaga anak bermain di pantai?

1. Ketika sampai di laut, hal yang perlu diperhatikan adalah, apakah air laut kotor? Sebaiknya tidak membiarkan anak-anak bermain di air laut yang kotor. Carilah pantai-pantai yang bersih dan nyaman bagi anak.

2. Saat akan main di pantai, periksa dulu kedalaman airnya. Hal ini untuk memastikan, tinggi air jangan sampai melebihi tinggi anak-anak. Apalagi bila anak belum bisa berenang bisa membahayakan.

3. Jika sering mengajak anak ke pantai, sebaiknya anak belajar berenang dulu untuk keamanan dirinya. Bagi anak-anak kecil yang belum bisa berenang pakailah pelampung atau papan renang.

4. Bagi anak-anak yang ingin bermain-main di pantai saja, juga perlu diawasi. Sebaiknya tidak membiarkan anak-anak bermain sendiri, mencari kerang atau pasir sendiri. Pastikan orangtua juga ada di samping mereka, dan ikut bermain bersama untuk mendekatkan hubungan orangtua dan anak.

5. Mandi dengan air bersih sebersih-bersihnya, tak ada pasir yang tersisa di rambut atau kepala setelah bermain atau berenang di pantai.

(Sri Haryati-Mombi)

EditorNi Luh Made Pertiwi F
SumberKidnesia
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM