Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Bedanya Solo Great Sale dan Jakarta Great Sale

Kompas.com - 13/01/2016, 10:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibandingkan dengan Festival Jakarta Great Sale, Solo Great Sale memiliki kelebihan tersendiri yakni keberadaan pagelaran budaya. Hal itu disebutkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Launching Solo Great Sale di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

"Kegiatan ini dengan bedanya dengan kalau di Jakarta (Jakarta Great Sale), gak ada cultural event-nya. Kalo di Solo ada cultural event," kata Arief.

Arief mengharapkan pergelaran budaya bisa menjadi ciri khas Kota Solo. Selain itu, ia pun mengakui Solo sebagai kota dengan jadwal acara pariwisata terbaik di Indonesia.

"Tidak ada kota di Indonesia yang bisa membuat itu (jadwal acara pariwisata) dan sudah pasti satu tahun sebelumnya. Kalau di Solo sudah pasti," tambah Arief.

Adapun acara pegelaran budaya yang hadir di Solo Great Sale 2016 adalah Grebeg Sudiro, Solo Imlek Festival, Pemecahan Rekor Muri Penulisan Kaligrafi China 500 meter, pesta kembang api, lampion terbang, Festival Kampung Tiongkok, Festival Jenang Solo, Cap Go Meh, Sendra Tari Ramayana, Wayang Orang Sri Wedari, serta pertunjukan ketoprak Balekambang.

Penyelenggaraan pagelaran budaya dalam acara Solo Great Sale 2016 akan tersebar di Kota Solo, Surakarta, dan daerah di sekitarnya.

Sementara, untuk Festival Jakarta Great Sale 2015 misalnya acara yang diselenggarakan adalah periode diskon besar-besaran di berbagai pusat perbelanjaan. Pada tahun 2015, tercatat mal-mal yang berpartisipasi adalah Plaza Indonesia, Grand Indonesia , Senayan City , Lotte Shopping Avenue, Gandaria City , Kalibata City Square, Plaza Blok M, Kota Kasablanka, dan Central Park, Mal Taman Palem, Lippo Mal Puri, Emporium Mal Pluit, Mal Kelapa Gading, Baywalk Mal, Mal Artha Gading, Mall of Indonesia, Arion Mal , Cibubur Junction, Plaza Semanggi, Lippo Mall Kemang, serta Pejaten Village.

Solo Great Sale 2016 akan dilaksanakan pada 1 hingga 29 Februari  2016 di pusat perdagangan dan perbelanjaan, hotel & restoran, pertokoan, serta outlet bisnis lainnya yang ada di kota Surakarta, Jawa Tengah. Pemerintah Kota Solo mengharapkan bisa menarik kunjungan 200.000 wisatawan melalui acara Solo Great Sale 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com