Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Panjang Bawa Kendaraan Pribadi ke Ancol? Baca Tips Ini Dulu...

Kompas.com - 04/05/2016, 15:43 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan strategi untuk menghadapi lonjakan wisatawan saat libur Long Weekend tanggal 5-8 Mei 2016. Penjagaan keamanan, penanggulangan kesehatan, hingga rekayasa lalu lintas akan dilakukan pada saat libur Long Weekend besok berlangsung.

"Liburan di Ancol pasti ramai ya. Kami antisipasi personel kebersihan sebanyak 205 orang, truk pengangkut 10 buah yang berkeliling, dan pihak keamanan sebanyak 141 orang," kata Corporate Secretary Taman Impian Jaya Ancol Ellen Gaby Tulangow dalam Jumpa Pers di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Corporate Communication Manager Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari menambahkan  akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di dalam area Ancol. Alur lalu lintas kendaraan bermotor dari arah timur akan langsung diarahkan ke selatan melewati bagian belakang Ocean Dream Samudra menuju Seaworld.

"Kita perpanjang loop alur lintas di dalam Ancol. Kita lakukan untuk mencegah penumpukan kendaraan," ungkap Rika.

Rika juga menghimbau untuk pemilik kendaraan bermotor untuk parkir di kantong-kantong parkir yang telah tersedia. Ia melanjutkan wisatawan yang ingin berwisata di unit-unit wahana Ancol tak harus parkir di depan tempat yang dituju.

"Jadi bisa jalan kaki menyusuri rute dan menggunakan Bus Wara-Wiri. Kita sediakan tujuh Bus Wara-Wiri masing-masing tiga di area barat, dua di timur, dua selatan," ujar Rika usai jumpa pers.

Untuk posko kesehatan, Ellen menyebutkan wisatawan dapat menemukan posko di dekat Pizza Hut yang terletak di dalam area Taman Impian Jaya Ancol. Selain di sana, lanjut Ellen, posko kesehatan juga tersedia di setiap unit wahana yang ada di Taman Impian Jaya Ancol.

"Untuk area taman dan pantai, tim kebersihan serta keamanan beroperasi 24 jam di taman dan pantai," ungkap Ellen.

Minat wisatawan berlibur ke obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol terbilang tinggi. Data dari Kementerian Pariwisata hasil olahan dari data Litbangjakpar Kementerian Pariwisata, Badan Pusat Statistik, dan Pengelola Daya Tarik Wisata tahun 2014 mencatat Taman Impian Jaya Ancol adalah obyek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2014 yakni sebanyak 16.748.879 pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com