Kemasan Kue Bulan yang Dapat Menjadi Lentera - Kompas.com

Kemasan Kue Bulan yang Dapat Menjadi Lentera

Silvita Agmasari
Kompas.com - 12/08/2017, 19:21 WIB
Kue bulan dari Starbucks ARSIP STARBUCKS Kue bulan dari Starbucks

JAKARTA, KOMPAS.com - Starbucks Hongkong dan Makau merilis kue bulan untuk merayakan festival musim gugur. Uniknya kue bulan yang dirilis memiliki kemasan khusus, yakni kemasan yang dapat berfungsi menjadi lentera.

Jadi kemasan kue bulan dari Starbucks memiliki lubang layaknya jendela dengan 'jeruji' bergambar kelinci, ornamen geometris khas China dan bintang.

Saat ditaruh lilin atau cahaya di dalam kemasan, maka akan bersinar layaknya lentera. Banyak konsumen yang sengaja membeli kue bulan tersebut karena kemasannya terbilang fotogenic. 

(BACA: Legitnya Kue Bulan, Kudapan Wajib untuk Festival Musim Gugur)

Tak hanya kemasan, Starbucks juga merilis kue bulan dengan rasa yang tak biasa dalam ukuran mini. Rasanya terdiri dari earl grey tea mochi, custard vanila, lava karamel dan kopi. Padahal umumnya kue bulan berisi pasta kacang merah, kacang hitam, atau kacang hijau.

Kue bulan yang dirilis oleh Starbucks juga memiliki cetakan khusus yakni putri duyung yang menjadi logo Starbucks. Belum diketahui apakah Starbucks akan menambah daerah rilis kue bulan edisi terbatas ini.

Festival musim gugur adalah perayaan kedua terpenting bagi warga Tionghoa, setelah Imlek. Festival yang dikenal juga dengan nama Moon Festival biasa digelar tiap hari ke-15 dan bulan ke-8 kalender China.

Di China, perayaan Moon Festival sudah ada sejak ribuan tahun lalu tepatnya pada masa Dinasti Zhou. Pada waktu itu, masyarakat China menyembah bulan yang muncul pada pertengahan musim gugur. Mereka berdoa agar masa panen berjalan lancar dan hasil bumi melimpah.

PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar