Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Tepat Berlibur ke Kepulauan Selayar?

Kompas.com - 13/10/2017, 16:04 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comKepulauan Selayar menawarkan aneka obyek wisata menarik mulai dari budaya, alam, bahari, hingga destinasi buatan manusia. Pantai Punagaan, Liang Kareta, dan Pantai Pinang menjadi spot favorit wisatawan di Kepulauan Selayar.

“Musim terbaik ke Selayar itu di Oktober, sangat bagus. Artinya laut sangat teduh, makanya kegiatan di Festival Takabonerate dimulai Oktober karena suasana lautnya sangat bagus,” Tutur Ince Rahim, Kepala dinas parawisata Kepulauan Selayar, saat ditemui di konferensi pers di gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

BACA: Kabupaten Selayar Siapkan 50 Event Pariwisata Sepanjang 2018

Sebenarnya Anda bisa mengunjungi Kepulauan Selayar pada bulan apa saja. Namun untuk ombak yang tak terlalu tinggi, bulan Oktober menjadi waktu yang paling tepat.

“Kalau untuk menyelam, kita di Selayar tidak mengenal (angin) barat dan timur. Karena kalo di sebelah barat itu ada destinasi, di sebelah timur juga ada destinasi. Jadi kalo musim barat tiba, kita menyelam di timur. Kalo musim timur tiba, kita menyelam di barat,” tambah Ince.

Untuk wisata menyelam di Kepulauan Selayar, banyak spot wisata yang bisa Anda kunjungi. Ince Rahim mengatakan bahwa hampir semua spot wisata bisa dipakai untuk menyelam. Salah satu kawasan yang paling terkenal adalah Taman Nasional Takabonerate. Lokasi ini diketahui sebagai salah satu cagar biosfir dunia.

BACA: Pilihan Transportasi Menuju Kepulauan Selayar

Bulan Oktober juga menjadi bulan dari agenda utama Pemerintah Kepulauan Selayar yakni Takabonerate Islands Expedition. Kegiatan Takabonerate Island Expedition (TIE) sendiri telah memasuki penyelenggaraan ke-9 dengan berbagai kegiatan yang berlangsung dari tanggal 23 – 28 Oktober 2017.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, telah menyiapkan 50 agenda wisata lainnya yang menarik di sepanjang tahun 2018 untuk menarik kunjungan wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com