Kafe Jepang Bernuansa Retro di Kyoto - Kompas.com
Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Kafe Jepang Bernuansa Retro di Kyoto

Kompas.com - 30/11/2017, 12:41 WIB
Tidak sedikit kafe di Kyoto, Jepang, merupakan rumah penduduk yang direnovasi menjadi sebuah kafe bernuansa retro.KARAKSA MEDIA Tidak sedikit kafe di Kyoto, Jepang, merupakan rumah penduduk yang direnovasi menjadi sebuah kafe bernuansa retro.

KOMPAS.com - Kyoto, salah satu tujuan utama wisatawan Indonesia yang datang ke Jepang ini memiliki banyak restoran dan kafe yang bernuansa retro.

Tidak sedikit di antaranya merupakan rumah penduduk yang direnovasi menjadi sebuah kafe bernuansa retro, yang dapat menjadi tempat beristirahat sejenak untuk menghilangkan lelah saat berwisata.

Menyeruput kopi beraroma teh Jepang sambil memandang Sungai Shirakawa

Shirakawa Cafe yang berada di pinggir Sungai Shirakawa ini merupakan bekas garasi rumah penduduk berukuran sekitar 13 meter persegi yang direnovasi sendiri dan dibuat menjadi sebuah kafe bernuansa retro.

Di Kyoto, Jepang, Anda bisa menyeruput kopi dengan aroma teh yang lembut sambil menikmati pemandangan Sungai Shirakawa dan pohon Oak yang bergoyang diterpa angin. KARAKSA MEDIA Di Kyoto, Jepang, Anda bisa menyeruput kopi dengan aroma teh yang lembut sambil menikmati pemandangan Sungai Shirakawa dan pohon Oak yang bergoyang diterpa angin.
Eksterior kafe dibuat dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang dengan papan berwarna merah yang digunakan sebagai penanda kafe.

(Baca juga : 5 Kafe di Osaka dan Kyoto yang Menyediakan Hidangan Tiramisu Maccha)

Menu utama kafe ini adalah Kyo-Cha Kohi (Kyo-Tea Coffee) yang memadukan teh Jepang dan kopi. Anda dapat bersantai di bangku teras sambil menyeruput kopi dengan aroma teh yang lembut ini sambil menikmati pemandangan Sungai Shirakawa dan pohon Oak yang bergoyang diterpa angin.

(Baca juga : 6 Kudapan Manis Khas Kyoto, Cocok untuk Buah Tangan)

Kopi juga bisa dibawa pulang untuk dinikmati sambil berjalan-jalan di pinggir Sungai Shirakawa. (Jalan di kedua sisi Sungai Shirakawa sedang diperbaiki hingga musim semi tahun berikutnya).

Counter khusus take out berada di bagian depan kafe yang didesain sedemikian rupa agar melebur dengan atmosfer Kota Kyoto.

Kyo-Cha Kohi (Kyo-Tea Coffee) yakni minuman yang memadukan teh jepang dan kopi.KARAKSA MEDIA Kyo-Cha Kohi (Kyo-Tea Coffee) yakni minuman yang memadukan teh jepang dan kopi.
Selain kopi, ada juga Hoji-Cha Coffee (kanan, 400 Yen) yang menggunakan daun teh Uji (teh terkenal di Kyoto) berkualitas tinggi dengan aromanya yang khas, serta Yuzu Soda (600 Yen) produk seasonal terbatas yang menggunakan limau terkenal dari Mizuo, daerah Ukyo, Kyoto.

Keunikan Shirakawa Cafe, Anda dapat menikmati pemandangan Sungai Shirakawa dari bangku manapun, serta berkomunikasi dengan santai dengan penduduk setempat yang menjadi langganan di toko ini.

Shirakawa Cafe
Alamat: Kyoto-shi, Higashiyama-ku, Karatohana-cho 559-4
Jam operasional: 13.00-17.00
Hari libur: Selasa
Akses: 5 menit jalan kaki dari stasiun Subway Higashiyama

Kafe dengan bangunan otentik Jepang yang berdiri sejak tahun 1900-an

Murakami Kaishindo, toko kue yang telah berdiri sejak 1907 dan terkenal dengan kue Russian Cake, kini juga membuka sebuah kafe di dalam toko tersebut. Anda bisa mencicipi kue dan kopi sambil menikmati suasana nostalgia dari toko bergaya otentik Jepang ini dibangun pada tahun 1900-an.

Murakami Kaishindo, toko kue di Kyoto, Jepang, yang telah berdiri sejak 1907 dan terkenal dengan kue Russian Cake, kini juga membuka sebuah kafe di dalam toko tersebut. KARAKSA MEDIA Murakami Kaishindo, toko kue di Kyoto, Jepang, yang telah berdiri sejak 1907 dan terkenal dengan kue Russian Cake, kini juga membuka sebuah kafe di dalam toko tersebut.
Beberapa hidangan spesial yang hanya bisa dinikmati di sini adalah Sweets Set Fondant Chocolat seharga 1.200 Yen dan Sweets Set Hoji-Cha Chiffon Cake yang menggunakan teh Hoji-Cha dari Ippodo-cha (toko spesialis teh jepang yang terkenal) yang dijual dengan harga yang sama. Set ini sudah termasuk minuman berupa kopi atau teh.

Keunikan Murakami Kaishindo, Bangunan unik yang memadukan nuansa Eropa klasik di bagian depan dengan nuansa otentik Jepang di bagian dalam atau belakang. Kafe juga direnovasi dengan sangat mendetail.

Murakami Kaishindo Cafe
Alamat: Kyoto-shi, Nakagyo-ku, Teramachi-dori, Nijyo-agaru Higashi-gawa
Jam operasional: 10.00-17.00
Hari libur: Minggu, hari libur nasional, Senin minggu ketiga
Akses: 4 menit jalan kaki dari stasiun Subway Kyoto-Shiyakushomae

Kafe dengan bangunan bernuansa retro yang berumur 80 Tahun

Kamee Coffee terletak di Sanjyo Shopping Street, dan menyuguhkan aneka kue dan makanan yang terkenal di Okinawa yang merupakan tempat asal pemilik kafe.

Keunikan Kamee Coffee di Kyoto, Jepang, ini yakni interior kafe seperti meja dan pernak-pernik ala Amerika. KARAKSA MEDIA Keunikan Kamee Coffee di Kyoto, Jepang, ini yakni interior kafe seperti meja dan pernak-pernik ala Amerika.
Anda juga bisa menikmati kopi espresso atau manual brew yang menggunakan biji kopi Okinawa dari toko Yamada Coffee yang terletak di Okinawa.

Kafe ini dulunya merupakan sebuah bangunan kayu yang telah berumur sekitar 80 tahun yang kemudian direnovasi menjadi kafe berselera tinggi.

Keunikan Kamee Coffee, interior kafe seperti meja dan pernak-pernik ala Amerika. Semuanya terbuat dari limbah kayu dan menghadirkan nuansa kehangatan di kafe ini. Selain itu, tersedia juga fasilitas private room di lantai dua.

KAMEE COFFEE
Alamat: Kyoto-shi, Nakagyo-ku, Kamikawara-cho 50-1
Jam operasional: 09.00-19.00
Hari libur? Tidak Tentu
Akses: 10 menit jalan kaki dari stasiun Subway Nijyojyo-mae

Melepas alas kaki dan bersantai di kafe dengan alunan musik BGM

Engawa Cafe yang terkenal dengan menunya yang menggunakan Nama-fu dan Yaki-fu, kini membuka cabangnya di dalam gang kecil dengan nama OTYOBO by ENGAWA cafe.

Anda bisa membeli kue-kue yang menggunakan Nama-fu yang dibuat di kampung halaman pemilik toko. Ada juga menu-menu khusus yang hanya bisa dimakan di dalam kafe.

Keunikan OTYOBO by ENGAWA cafe di Kyoto Jepang, ini Anda harus melepas sepatu bila ingin bersantai di kafe ini.KARAKSA MEDIA Keunikan OTYOBO by ENGAWA cafe di Kyoto Jepang, ini Anda harus melepas sepatu bila ingin bersantai di kafe ini.
Keunikan OTYOBO by ENGAWA cafe, Anda harus melepas sepatu bila ingin bersantai di kafe ini. Khususnya ruangan di lantai dua yang dibuat lesahan sangat populer.

Selain itu, letaknya yang tersembunyi karena ada di dalam gang akan membuat Anda merasa beruntung bisa datang ke kafe ini.  

OTYOBO by ENGAWA cafe
Alamat: Kyoto-shi, Nakagyo-ku, Shinkarasuma-dori, Nijyoagaru-Tachibana Yanagicho 155-4
Jam operasional: 11.00-18.00
Hari libur: Kamis
Akses: 4 menit jalan kaki dari statiun Subway Kyoto-Shiyakushomae

Provided by Japan Walker™ and Kansai Walker™ (18 Oktober 2017)

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM