Dapat Sekotak Cokelat Valentine? Ini Trik Kenali Isian Cokelat - Kompas.com

Dapat Sekotak Cokelat Valentine? Ini Trik Kenali Isian Cokelat

Kompas.com - 14/02/2018, 16:00 WIB
kotak berisi cokelat pralineThinkstock kotak berisi cokelat praline

KOMPAS.com - Dalam film Forest Gump (1994), Forest Gump, tokoh utama yang diperankan Tom Hanks, mengatakan, “My mom always said life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get.”

Ia menuturkan ibunya selalu berkata bahwa hidup ibarat sekotak cokelat. Anda tidak akan tahu akan mendapatkan cokelat apa. Pada hari Valentine seperti saat ini, ada tradisi memberikan sekotak cokelat pada orang terkasih.

Kotak cokelat ini berisikan beberapa permen cokelat berukuran kecil atau sekali makan.  Bentuknya beragam dengan isian beragam pula. Hanya saja, lapisan luarnya tentu saja cokelat. Jadi sulit untuk mengetahui isian dari masing-masing permen cokelat itu.

Hanya saja, sebagian besar produsen permen cokelat memiliki metode yang sama untuk membedakan isian permen cokelat.

Cokelat hitamThinkstock Cokelat hitam

Cokelat berbentuk kotak

Permen cokelat yang berbentuk kotak biasanya berisi krim kelapa, fudge, marshmallow, nougat, atau selai kacang. Jadi cokelat berbentuk kotak biasanya memiliki isian yang teksturnya cenderung kenyal.  

Cokelat isi karamel

Biasanya permen cokelat berisi karamel, memiliki bentuk kotak atau persegi dan ada garis diagonal di atasnya.  Biasanya bentuk cokelat pipih karena karamel didinginkan di lempengan besar. Lalu dipotong dan dicelupkan di cokelat. Bentuk yang sama juga berlaku untuk isian toffee.

Ilustrasi cokelatDianaDuda Ilustrasi cokelat

Cokelat berbentuk bulat dan oval

Permen cokelat berbentuk bulat biasanya berisi krim seperti ganache (campuran cokelat dan krim), krim vanila, krim jeruk, krim stroberi atau buttercream. Contoh jenisnya adalah cokelat truffle biasanya berbentuk bulat.

Cokelat berisi krim moka

Permen cokelat isi krim moka memiliki bentuk bulat. Selain itu, biasanya diberi taburan cokelat di atasnya. 

Cokelat isi kacang

Jika Anda menemukan permen cokelat dengan permukaan yang bergelombang atau tidak rata, bisa dipastikan isiannya adalah kacang. Umumnya kacang yang digunakan adalah almond, mete, atau kacang tanah. Kacang yang telah dihancurkan, lalu dicelupkan ke cokelat. Ada juga produsen permen cokelat, memberikan kertas pelapis untuk cokelat isian kacang.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Cokelat berisi buah

Buah stroberi atau ceri yang dilapisi cokelat, adalah permen cokelat yang paling mudah dikenali. Bentuknya tentu saja lebih besar dan berbentuk asli buah itu sendiri.

Cokelat berbungkus kertas timah

Permen cokelat yang diberi pembungkus kertas timah menandakan cokelat memiliki isian yang cair. Jadi, kertas timah ini berfungsi agar cairan tidak bocor.


Komentar

Close Ads X