Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imlek 2023 Shio Kelinci Air, Ketahui Karakter Peruntungannya

Kompas.com - 17/01/2023, 13:15 WIB
Sania Mashabi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun baru China atau Imlek Tahun 2023 jatuh pada Minggu (22/1/2023). Setiap tahunnya, shio selalu berubah.

Klasifikasi zodiak China didasarkan pada kalender yang direpresentasikan oleh 12 hewan pada setiap tahunnya, yakni tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Lalu, apa shio untuk tahun baru kali ini?

Baca juga: Libur Panjang Imlek, Waspadai Cuaca Ekstrem

Imlek 2023 shio apa?

Tahun ini adalah shio kelinci air. Dikutip dari Seventeen, Selasa (17/1/2022), tahun kelinci air terjadi setiap 12 tahun sekali, periodenya meliputi 1927, 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023 dan begitu seterusnya.

Pakar Lintas budaya Dottie Li mengatakan, pada tahun ini orang-orang dapat mengharapkan kemakmuran, harapan, dan ketenangan.

"Karena karakteristik kelinci, kita dapat mengharapkan relaksasi, keluwesan, ketenangan, dan kontemplasi," kata Li dilansir dari Seventeen.

Baca juga:

Kemudian, dilansir dari China Highlight, orang yang lahir pada tahun kelinci diyakini memiliki karakter waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik.

Dalam budaya China, kelinci melambangkan simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran.

Pemilik zodiak China yang diprediksi paling beruntung di tahun 2023 adalah sapi, harimau, dan ular. Sedangkan anjing, kuda, kambing, dan babi di prediksi memiliki keberuntungan yang lebih sedikit dari pemilik zodiak sapi, harimau, dan ular.

Baca juga: Promo Imlek 2023 dari Tiket.com, Ada Diskon Hotel hingga 40 Persen

Keberuntungan zodiak kelinci dan tikus akan dipengaruhi oleh oposisi terhadap Tai Sui Dewa Usia. Sementara zodiak ayam jantan dan monyet harus bekerja sangat keras untuk membuat kemajuan lebih baik.

Jika hendak memberikan hadiah pada tahun baru, Li mengatakan, perhiasan kelinci akan populer. "Terutama kelinci giok," ucap Li.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Direktur Edukasi Museum of Chinese di Amerika, Lauren Nechamkin dan Manajer Edukasi Museum of Chinese di Amerika, Nora Chen punya pendapat senada.

"Dalam mitologi China, kelinci giok adalah satu-satunya hewan zodiak yang tinggal bersama Dewi Bulan, Chang 'E, dan mereka hewan-hewan yang dicintai," kata Chen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com