Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Kapal di Batam Naik 16,5 Persen Jelang Lebaran, Puncak Arus Mudik H-3

Kompas.com - 14/04/2023, 21:01 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Sebanyak 5 pelabuhan yang dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam telah siap melayani arus mudik lebaran 2023.

“Untuk lonjakan penumpang pada tahun 2023 ini, diperkirakan hampir sama kondisinya dengan tahun 2019 lalu,” kata Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar kepada Kompas.com di kantornya, Jumat (14/4/2023).

Dendi menjelaskan, kondisi Covid-19 yang sudah melandai dan telah ditiadakannya persyaratan perjalanan, berdampak pada arus mudik yang mengalami lonjakan signifikan dibandingkan dua tahun sebelumnya atau pada masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Harga Tiket KM Kelud Semua Rute dari Batam Jelang Mudik Lebaran 2023

Berkaca pada arus mudik tahun 2019, untuk puncak tertinggi arus mudik terjadi pada H-3 sebelum lebaran.

Sementara pada tahun 2023 ini, pihaknya memprediksi puncak arus mudik akan dimulai pada H-5 sebelum lebaran. Begitu juga untuk arus balik yang diprediksi akan terjadi pada H+5 lebaran.

“Jumlah penumpang yang berangkat diprediksi 212.483 orang yang akan meninggalkan Batam atau terjadi kenaikan sebesar 16,5 persen dibandingkan tahun 2022 lalu," ujar Dendi.

Begitu juga untuk penumpang yang akan masuk ke Batam, sambung dia, akan naik sebesar 16,5 persen atau sebanyak 227.361 orang.

Baca juga: Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Capai 12.000 Orang, Arus Mudik Mulai Terasa

Angka itu menurut Dendi, hampir sama dengan tahun 2019 lalu dengan penumpang yang berangkat sebanyak 250.020 orang dan yang datang ke Batam sebanyak 288.256 orang.

5 Pelabuhan di Batam Siap Layani Mudik Lebaran 2023

Tahun 2023 ini, lanjut Dendi, ada lima pelabuhan penumpang yang telah disiapkan melayani arus mudik maupun arus balik lebaran 2023.

Kelima pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Internasional Batam Center, Pelabuhan Harbourbay, Pelabuhan Telaga Punggur, dan Pelabuhan Batu Ampar.

Rp100 Ribu Per Orang, BP Batam Lakukan Penyesuaian Tarif Pass Penumpang InternasionalKOMPAS.COM/HADI MAULANA Rp100 Ribu Per Orang, BP Batam Lakukan Penyesuaian Tarif Pass Penumpang Internasional

“Segala persiapan tentunya kami maksimalkan. Mulai dari pemberian pelayanan kepada masyarakat, hingga penyiapan pos lebaran. Secara keseluruhan sudah kami siapkan semua,” terang Dendi.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik, BUP BP Batam juga menyiapkan fasilitas tambahan untuk melengkapi fasilitas dasar yang tersedia selama periode mudik lebaran 2023.

Baca juga: Mudik 2023, Ini Daftar Harga Tiket Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam

Antara lain, tenda dan kursi untuk ruang tunggu penumpang hingga tambahan tenaga pengamanan BKO.

“Upaya ini kami lakukan tidak hanya melalui penyediaan fasilitas pelabuhan yang nyaman dan baik, tetapi juga pelayanan operasional kepelabuhanan yang optimal selama periode mudik hingga arus balik ke Batam,” pungkas Dendi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com